12 Nama Siap Bertarung Pada Gelaran Pilrek UHO 2021

1648
Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari
Universitas Halu Oleo (UHO)

ZONASULTRA.COM,KENDARI- Sebanyak 12 orang bakal calon Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari periode 2021-2025 siap bertarung pada Pemilihan Rektor (Pilrek) tahun ini.

Mereka adalah Mohamad Salam, Muhammad Zamrun Firihu, Yani Taufik, Ma’ruf Kasim, Buyung Sarita, Bahtiar, Jamhir Safani, Anas Nikoyan, Mustarum Musaruddin, Muhammad Nurdin, Nurlansi, dan Abdi. Dari dua belas figur bakal calon, lima di antaranya menyandang gelar Guru Besar. Sedangkan tujuh figur sisanya memiliki jenjang pendidikan Doktor.

Mereka berasal dari delapan fakultas di UHO yang meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK), dan Fakultas Teknik (FT).

Ketua panitia seleksi Rektor UHO Weka Widayati mengatakan rangkaian pemilihan rektor kini memasuki tahap penyaringan yang dimulai pada 26 sampai 30 Maret 2021. Dalam tahap penyaringan, seluruh dokumen kelengkapan peserta bakal calon akan diverifikasi ditingkat panitia untuk ditetapkan sebagai calon rektor.

“Proses seleksi berkas mengacu pada Peraturan Senat UHO Nomor 1 Tahun 2021 dan dasar aturan lainnya,” terang Weka.

Setelah memasuki tahap penyaringan, para peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi akan ditetapkan sebagai calon rektor periode empat tahun mendatang melalui rapat senat tertutup pada 31 Maret 2021.

Nantinya tiga calon rektor terpilih akan memperebutkan suara anggota senat yang memiliki 65 persen hak suara dari total pemilih. Di mana masing-masing anggota senat mempunyai hak suara yang sama. Sementara pemilik hak suara lain adalah Menteri dengan persentase 35 persen hak suara dari total pemilih yang hadir.

BACA JUGA :  Seorang Wanita di Kendari Jadi Korban Salah Tembak Polisi

Hal itu diatur dalam Peraturan Senat UHO Nomor 1 Tahun 2021 tentang tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor UHO periode 2021-2025. Dalam beleid itu juga mengatur tentang tahapan pelaksanaan Pemilihan Rektor UHO 2021.

Diketahui rangkaian pemilihan rektor UHO terbagi menjadi empat tahapan yakni, penjaringan bakal calon, penyaringan calon, pemilihan calon, terakhir penetapan dan pelantikan calon terpilih. Calon terpilih akan ditetapkan dan dilantik sebagai Rektor pada 19 Juli 2021 melalui keputusan menteri. (a)

 


Penulis : M9
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini