120 Siswa Baru MAN IC Kendari Ikuti Matsama Tahun Ajaran 2023/2024

54
120 Siswa Baru MAN IC Kendari Ikuti Matsama Tahun Ajaran 2023/2024
Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim saat memberikan arahan pada siswa baru.(Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 120 siswa baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2023/2024 di halaman Gedung Pembelajaran MAN IC Kendari pada 17 hingga 21 Juli 2023.

Kepala MAN IC Kendari, Muhammad Naim menjelaskan bahwa Matsama merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam penerimaan peserta didik baru sebagai bentuk pengenalan aktivitas rutin madrasah, fasilitas madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

“Kami harapkan mereka bisa mengikuti kegiatan Matsama dengan baik sebagai bekal untuk mengenali lingkungan dan proses pembelajaran yang akan berlangsung di MAN IC Kendari,” ucap Naim dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin (24/7/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya Matsama adalah untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

Selain itu, untuk menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik almamaternya, juga untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter keindonesiaan kepada para peserta didik baru.

Beberapa materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut yaitu belajar efektif di MAN IC Kendari, pengembangan minat dan bakat siswa melalui program ekstrakurikuler olahraga, seni, prestasi sains dan riset madrasah, tata tertib dan norma asrama di madrasah.

Selanjutnya, peran dan fungsi serta etika bermedia digital, fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran di MAN IC Kendari, moderasi beragama bagi siswa madrasah, struktur organisasi madrasah, pencegahan stunting pada usia 15 hingga 20 tahun, serta pengenalan OSIS dan MPK.

Naim juga menjelaskan bahwa MAN IC Kendari juga memiliki 3 program unggulan untuk mendukung proses pembelajaran yaitu program Peningkatan Mutu Akademik Siswa (PANTAS) yang merupakan klinik mata pelajaran bagi siswa kelas X dan kelas XI pada sore hari dan bimbingan masuk perguruan tinggi bagi siswa kelas XII.

Program kedua adalah Pengembangan Bakat dan Minat Siswa (BISA) yaitu memberikan wadah kepada peserta didik agar bisa berprestasi di bidang non akademik serta program Guru asuh-Siswa asuh (Rasa) sebagai penopang dari kedua program sebelumnya.

“Keberadaan MAN IC Kendari saat ini telah memasuki usia yang ke-8 tahun. Selama 7 tahun berdiri MAN IC Kendari telah menorehkan berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” tutur Naim. (KS/*)

 


Konteibutor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini