159 Desa di Sultra Utus 636 Perangkatnya Ikuti Pelatihan P3PD Tahap III di Kendari

121
159 Desa di Sultra Utus 636 Perangkatnya Ikuti Pelatihan P3PD Tahap III di Kendari
Foto bersama usai seremoni pembukaan pelatihan P3PD tahap III di salah satu hotel Kendari pada Selasa (3/10/2023). (Ismu Samadhani/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 159 desa di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengutus 636 perangkatnya untuk mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) tahap III di Kendari pada 2 hingga 5 Oktober 2023.

Kasubag pada Direktorat Fasilitasi Kerja Sama LPD dan BPD Kemendagri Bowo mengatakan, akumulasi dari pelatihan tahap pertama hingga tahap ketiga di wilayah Sultra, jumlah peserta yang telah menghadiri pelatihan tersebut sudah 1.490 peserta.

“Untuk tahap ketiga ini dilaksanakan di 8 hotel yang ada di Kota Kendari. Saat ini kehadiran sudah 98 persen,” ucapnya usai seremoni pembukaan pelatihan tahap ke-3 di salah satu hotel di Kendari pada Selasa (3/10/2023).

Lanjutnya, materi yang akan disampaikan pada pelatihan tersebut terdiri dari enam tematik. Seperti pelatihan batas desa, pelatihan aparatur desa, posyandu, BPD, PKK, serta LKD dan LAD.

BACA JUGA :  Hakim Perempuan di PN Andoolo Ungkap Keresahan, dari Minim Fasilitas hingga Rentan Intervensi

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan adanya peningkatan kualitas belanja desa. Sehingga para pengurus kelembagaan desa bisa memahami peraturan yang ada dari pemerintah pusat untuk bisa diimplementasikan di desanya masing-masing.

“Itu akan berdampak dan berimplikasi terhadap kualitas belanja yang ada di desa,” tambahnya.

Khusus wilayah Sultra, tahap pelatihan sudah terbagi sampai minggu kedua bulan November. Setiap tahap dilaksanakan dengan waktu 4 hari 3 malam.

Kesempatan yang sama, Kabid Pemdes DPMD Sultra, La Ode Muh. Saban mengatakan, pelatihan tahap ketiga tersebut diikuti oleh 159 desa yang berasal dari Kabupaten Muna, Buton Tengah (Buteng), Konawe, Kolaka, dan Kolaka Timur (Koltim).

“Kita tetap komitmen untuk mendukung P3PD. Pelatihan di tahap III ini kita terdiri dari 20 kelas yang diisi oleh 40 orang pelatih dan 40 narasumber dari TNI-Polri, kesbangpol, dan perbankan. Pelatihnya yang sudah dilatih oleh Kemendagri yang bersertifikat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Mengenal Quick Count, Benarkah Akurat?

Lanjutnya, pada pertengahan Oktober 2023, pihaknya akan melakukan konsolidasi. Setelah selesai pelatihan di tahap akhir, pihaknya akan langsung memantau untuk melihat hasil pelatihan diaplikasikan di pemerintah desanya.

Hingga saat ini, masih tersisa 300-an desa yang akan mengikuti pelatihan di tahap selanjutnya. Sementara dua daerah di Sultra yang tidak tersentuh program tersebut yaitu Buton Selatan (Busel) dan Wakatobi.

“Tapi, untuk Busel dan Wakatobi, saat ini di APBD perubahan kami, Busel kami hendle untuk pelatihan serupa dengan modul yang sama dengan P3PD. Untuk Wakatobi sementara kami diskusikan di tingkat Pemprov melalui TAPD, insyaallah akan kita hendle di 2024,” tuturnya. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini