160 Warga Sultra Ikuti 10 Program Pelatihan di BPVP Kendari

43
160 Warga Sultra Ikuti 10 Program Pelatihan di BPVP Kendari
foto bersama usai pembukaan pelatihan berbasis kompetensi tahap IX di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari pada Selasa (5/9/2023).

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 160 warga Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti 10 program pelatihan berbasis kompetensi tahap IX di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandi di Aula serba guna BPVP Kendari pada Selasa (5/9/2023).

Kepala BPVP Kendari Amran mengatakan,10 program pelatihan tersebut terdiri dari tiga program pelatihan untuk paket boarding (diasramakan) yaitu menjahit pakaian wanita dewasa III, desain grafis III, dan desain grafis IV.

Serta paket non-boarding (tidak diasramakan) yaitu pelatihan pembuat roti dan kue II, pelayanan pelanggan II, barista III, bakery, menjahit pakaian wanita dewasa IV, pengoperasian instalansi kontrol industri berbasis PLC, dan SMAW3 G (las).

BACA JUGA :  Ikatan Ahli Kesehatan Ajak Berbagai Pihak Eliminasi HIV-AIDS di Sultra

“Total pesertanya 160 orang, 48 orang untuk boarding yang berasal dari Kabupaten Kolaka Utara, Kolaka dan Bombana, sementara untuk non-boarding sebanyak 112 orang,” ungkapnya.

Amran berharap melalui pelatihan tersebut dapat menjadikan para peserta bekerja dengan baik di dunia usaha dan dunia industri atau berusaha secara mandiri.

Ia juga harap para peserta mampu memberi manfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat umum, daerah dan bahkan bangsa dan negara.

BACA JUGA :  UPT Perpustakaan UMW Kendari Gelar Bedah Buku Penelitian Kualitatif

Sementara itu, Kadisnakertrans Sultra Ali Haswandi mengatakan, BPVP Kendari merupakan bagian dari pemerintah yang menjadi garda terdepan bagi angkatan kerja dalam mengembangkan keterampilan sesuai kebutuhan pasar kerja atau berusaha secara mandiri.

“Kami harap para peserta yang akan mengikuti pelatihan untuk konsisten dan bersungguh-sungguh melalui semua prosesnya. Apalagi, instruktur atau tenaga pengajar di BPVP Kendari merupakan orang-orang terlatih yang telah teruji kompetensi,” tuturnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini