168,5 Hektare Lahan Pertanian Alami Kekeringan, Pemkab Mubar akan Bangun 21 Sumur Bor di Empat Desa

440
168,5 Hektare Lahan Pertanian Alami Kekeringan, Pemkab Mubar akan Bangun 21 Sumur Bor di Empat Desa
Karimin

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) akan membangun 21 sumur bor di empat desa yang lahan pertaniannya mengalami kekeringan. Empat desa tersebut, yakni Desa Abadi Jaya, Lakabu, Parura Jaya, dan Katangana.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mubar, Karimin, mengatakan, berdasarkan laporan dari tim reaksi cepat (TRC) BPBD Mubar, lahan pertanian yang terdampak kekeringan seluas 168,5 hektare.

Kata dia, lahan pertanian tersebut terdiri dari persawahan dan tanaman palawija yang tersebar di lima desa.

“Untuk mengantisipasi kekeringan dan agar petani kita tidak gagal panen, Pj Bupati Mubar akan membangun 21 sumur bor beserta mesin pompa air (alkon). Anggaran pembangunan sumur bor ini bersumber dari BTT APBD,” kata Kalak BPBD Mubar, Karimin ditemui di kantornya, Jumat (27/10/2023).

Dalam mengantisipasi kekeringan ini, tambah Karimin, BPBD telah berkoordinasi dengan dinas pertanian untuk menyiapkan 21 sumur bor ini.

Adapun empat desa yang mendapatkan bantuan sumur bor ini, yakni Desa Abadi Jaya sebanyak sepuluh titik, Desa Lakabu sebanyak empat titik, Desa Parura Jaya sebanyak empat titik, dan Desa Katangana sebanyak tiga titik.

“Kami berharap dengan bantuan ini petani kita tidak kesulitan air lagi agar tidak terjadi puso pada tanaman pertanian,” ucapnya. (B)

Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini