200 Pelajar dan Masyarakat Kendari Ikut Menanam Mangrove di Puncak HPN 2022

216
200 Pelajar dan Masyarakat Kendari Ikut Menanam Mangrove di Puncak HPN 2022
Penanaman mangrove sebagai upaya rehabilitasi mangrove dalam rangkaian acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (9/2/2022).(ISMU/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 200 orang pelajar dan masyarakat Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut serta melakukan penanaman mangrove di puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kantor Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sampara, Carles mengatakan bahwa pelajar tersebut berasal dari SMAN 1 Kendari, MAN 1 Kendari, Mahasiswa Pecinta Alam (Mahacala) Universitas Halu Oleo (UHO) serta komunitas green leadership Indonesia dan masyarakat Andonuhu, Kota Kendari.

“Semua digabung jadi jumlahnya 200 orang,” ungkap Carles di Kendari pada Rabu (9/2/2022).

Penanaman mangrove tersebut dipimpin langsung oleh Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto mewakili Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar yang sebelumnya di agendakan untuk memimpin kegiatan tersebut namun berhalangan hadir.

BACA JUGA :  Ikatan Ahli Kesehatan Ajak Berbagai Pihak Eliminasi HIV-AIDS di Sultra

Carles menjelaskan, sebelumnya rencana penanaman mangrove tersebut akan dialkukan oleh 500 orang pelajar dan masyarakat. Kata dia, pengurangan jumlah hingga 200 tersebut berdasarkan SOP yang diberikan oleh panitia daerah karena adanya peningkatan kasus covid-19 dan tidak ada kaitan dengan batalnya kedatangan presiden.

Salah seorang Siswi SMAN 1 Kendari, Aulia Ul Hasanah (17) mengatakan bahwa keikut sertaanya tidak berdasarkan intervensi, namun kesadaran dari dirinya untuk turut andil dalam menghijaukan kembali area masjid Al-Alam sebagai icon Kota Kendari.

200 Pelajar dan Masyarakat Kendari Ikut Menanam Mangrove di Puncak HPN 2022
Aulia Ul Hasanah

“Ini juga bentuk partisipasi saya sebagai salah satu siswa SMAN 1 Kendari dalam acara HPN ini,” ucapnya.

Kegiatan tersebut menurutnya sangat seru dan informatif. Pasalnya, siswa turun sendiri untuk melakukan penanaman dan sebelum agenda penanaman dimulai, para siswa tersebut di beri kuis berhadiah menarik dengan pertanyaan-pertanyaan seputar mangrove dan edukasi terkait pentingnya untuk melestarikan hutan mangrove.

Ia berharap rehabilitasi mangrove tidak hanya di hari-hari penting seperti acara HPN untuk ditanam dan dilestarikan, namun harus ada pengetahuan dari masyarakat sehingga bisa menjadi kebiasaan masyarakat Kota Kendari khususnya untuk melakukan hal tersebut.

BACA JUGA :  UMW Kendari Raih Penghargaan Juara 1 dari BPJS Ketenagakerjaan

Untuk diketahui, penanaman mangrove tersebut dihadiri dan dilakukan langsung oleh Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto, Gubernur Sultra Ali Mazi, Duta Besar Dubes yang berkesempatan hadir, 9 Gubernur Provinsi, pelajar, serta masyarakat.

Adapun yang berkesempatan hadir yaitu Dubes Rusia, mewakili Dubes/Deputi bidang Poltek Polandia, Konsul Kehormatan, Kepala Kamar Dagang Taiwan, Wakil Dubes Malaysia, Wakil Dubes Inggris, Dubes Pakistan, Mewakili Dubes/Deputi Ekonomi Maroko, Dubes Iran, Dubes Europan Union, perwakilan Dubes Singapura, Dubes Ceko, Dubes Azerbaijan, Dubes Kazakhstan, Dubes Rumania dan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia serta India, Bangladesh, Ukraina, Denmark, Armenia, Afrika Selatan, dan Austria. (C)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini