2019, BPBD Kendari Bentuk Kelompok Siaga Bencana di Kelurahan

375
Plt Kepala BPBD Kota Kendari Suhardin
Suhardin

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari merencanakan pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di setiap kelurahan yang ada di ibukota provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2019 nanti.

Kepala BPBD Kota Kendari, Suhardin mengatakan pembentukan kelompok siaga bencana itu merupakan salah satu strategi tanggap bencana di daerah itu. Tujuannya, agar para kelompok siaga inilah nanti yang akan melakukan evakuasi terlebih dahulu.

“Untuk segera melaporkan tentang kejadian, mereka lah yang menjadi penyambung kami,” ujar Kepala BPBD Kendari Suhardin ditemui di Kendari, Kamis (13/12/2018).

BACA JUGA :  HKTI Sultra Silaturahmi di Pondok Pesantren Shohibul Quran Kendari

Ia menjelaskan, pembentukan kelompok siaga bencana rencananya akan dilakukan di 23 kelurahan di Kota Kendari. Sebelumnya, sudah terbentuk kelompok siaga bencana di Kampung Salo.

“Di sana telah dibentuk kelurahan tangguh bencana. Kelurahan tangguh bencana juga sudah ada di Lepo-lepo, Wuawua, dan sekitaran Sambuli,” tambahnya.

Menurutnya, program tersebut dapat membantu masyarakat untuk secara mandiri melakukan evakuasi dan pemberian pertolongan secara cepat saaat terjadi bencana alam.

BACA JUGA :  Prodi Kesmas UMW Kendari, Terima 7 Mahasiswa Baru Pasca Sarjana (s2)

Program ini dilaksanakan bersama APIK USAID. Mereka pun, sudah mulai siap siaga sebab telah memasuki musim penghujan. Sebanyak 40 personil disiapkan untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana.

“Kalau cukupnya sebenarnya tidak cukup. Tapikan ada relawan, kelompok siaga bencana, tagana, dan lainnya,” tutupnya. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Abdul Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini