33 Panwascam Resmi Dilantik, Pj Wali Kota Kendari Minta Pengawasan Pemilu Dijalankan Secara Baik

80
33 Panwascam Resmi Dilantik, Pj Wali Kota Kendari Minta Pengawasan Pemilu Dijalankan Secara Baik
Sebanyak 33 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan pada Pemilu 2024, resmi dilantik di salah satu hotel di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Jum'at (28/10/2022).

ZONASULTRA.ID, KENDARI– Sebanyak 33 anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) di 11 Kecamatan di Kota Kendari, pada Pemilu 2024, resmi dilantik di salah satu hotel Kendari pada Jumat (28/10/2022).

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu meminta para Panwascam dapat menjalankan pengawasan pemilu secara baik, serta memaksimalkan tugas dan wewenang sesuai tugas dalam tahapan pemilu yang sedang berjalan.

Kata dia, Panwascam harus bekerja dengan sungguh-sungguh, kredibel dan menyelenggarakan kode etik dalam penyelenggaraan pemilu, serta selalu menjaga integritas, independensi dan kode etik terkait dengan pengawasan Pemilu tahun 2024.

“Artinya Kendari ini tidak harus stagnan karena Kendari adalah Ibu Kota Provinsi yang harus selalu bergerak. Termasuk proses demokrasi yang harus bergerak lebih baik dan menjadi contoh pelaksanaan demokrasi yang baik untuk daerah-daerah di Indonesia khususnya di Provinsi Sultra,” katanya saat pelantikan itu.

Selain itu, ia mengimbau, kepada seluruh Aparatul Sipil Negara (ASN) di Kota Kendari, agar dalam Pemilu 2024 harus netral. Kemudian ia menegaskan akan memberikan tindakan tegas pada ASN yang tidak bersifat netral pada Pemilu 2024 mendatang.

“Jika Bawaslu menemukan ada oknum ASN lingkup Kota Kendari yang tidak netral, maka segera laporkan kepada kami. Saya akan melakukan tindakan-tindakan terukur atas pelanggaran tersebut,” imbaunya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari, yang melantik 33 Panwascam itu, Sahinuddin mengatakan bahwa setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, dimulai dari tahapan pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) serta tes wawancara, maka lahirlah masing-masing tiga anggota Panwascam di setiap Kecamatan se-Kota Kendari.

“Mereka yang dilantik hari ini adalah orang-orang terbaik yang dianggap cakap untuk menjalankan tugas dan kewenangan sebagai panwascam di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Usai pelantikan akan dilakukan pembekalan atau bimbingan teknis yang akan berlangsung selama tiga hari, mulai 28-30 Oktober 2022. Kemudian ia juga meminta, kepada seluruh Panwascam agar bersedia membangun pengawasan partisipatif dan bekerja sama dengan stakeholder-stakeholder di wilayah kecamatan masing-masing tanpa harus menunggu kegiatan yang bersifat formal.

“Kami berharap dalam bimtek ini semua Panwascam mengikuti dengan baik setiap materi yang akan disampaikan, sebagai bekal untuk bertugas di wilayah kecamatan masing-masing,” ujarnya. (B)

 


Kontributor: Sutarman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini