33 Turis Mancanegara Meriahkan Peringatan HUT ke-78 RI di Wakatobi

33 Turis Mancanegara Meriahkan Peringatan HUT ke-78 RI di Wakatobi
KOLASE-Kolaborasi Upacara peringatan HUT RI ke 78 yang diselenggarakan di Kabupaten Wakatobi. (FOTO KUPP WANCI).

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI– Sebanyak 33 orang turis mancanegara memeriahkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (17/8/2023).

Puluhan turis itu merupakan peserta Sail Wakatobi 2023, yang saat ini tengah melabuhkan kapal yacht-nya di dermaga Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangiwangi.

Mereka adalah grup 1, berasal dari delapan negara yang menempuh jalur dari Australia ke Tual, selanjutnya masuk Ambon lalu ke Wakatobi dan akan finish di Lombok.

Pada akhir Agustus bakal ada grup lain lagi yang masuk ke Wakatobi. Mereka adalah grup Sail Wonderful to Indonesia, yang diperkirakan sekitar 56 kapal.

Diketahui jadwal Sail Wakatobi tahun 2023 untuk group pertama 5-8 Agustus, sementara grup berikutnya diagendakan 26-30 Agustus 2023.

Selain merayakan upacara, mereka juga turut memeriahkan ramah tamah HUT Kemerdekaan RI di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Wakatobi.

33 Turis Mancanegara Meriahkan Peringatan HUT ke-78 RI di Wakatobi
FOTO BERSAMA-Sejumlah peserta Sail melakukan sesi foto bersama saat menghadiri acara ramah tamah di rujab Bupati Wakatobi.

Peserta Sail Wakatobi Mr. Florian dari Austria mengungkapkan, mereka mengaku terhormat telah diundang untuk menyaksikan langsung peringatan HUT Kemerdekaan RI di Wakatobi.

BACA JUGA :  Pemkab Wakatobi Salurkan Bantuan Sembako Gratis dan Buka Pasar Murah

Dia mengungkapkan, hal itu merupakan sesuatu yang luar biasa dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI.

“Kami semua bahagia untuk menyambut hari kemerdekaan. Tibanya kami di Marina Togo Mowondu adalah pengalaman khusus dan spesial untuk mendukung kami semua. Kami menantikan untuk melihat lebih banyak lagi pulau-pulau yang sangat sangat sangat indah di Wakatobi. Terima kasih juga atas segala bantuan dan support untuk kami semua,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Wakatobi Haliana mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam rangkaian HUT ke-78 RI.

“Terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak juga peserta Sail yang berpartisipasi pada upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih. Kami bangga dan bersyukur semua rangkaian acara dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Haliana menyampaikan, rangkaian peringatan HUT RI di Wakatobi dimeriahkan juga oleh gerak jalan tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 117 regu, kategori umum sebanyak 124 regu.

BACA JUGA :  PLN ULP Wangiwangi Promo Tambah Daya Listrik di Wakatobi

Selain itu, juga oleh pawai dari sejumlah pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), kelompok bermain (KB) dan raudhatul athfal (RA) di daerah setempat.

Menurutnya, itu adalah hal yang luar biasa karena bentuk kegembiraan atas nikmat merdeka oleh para pendahulu dan para pejuang kemerdekaan.

“Dalam rangkaian kegiatan lomba dan pertandingan, alhamdulillah berjalan dengan baik dan sukses, sesuai dengan niat kemerdekaan kita, adalah bagaimana kemudian kita merawat persatuan dan kesatuan, merawat komunikasi yang baik dan merawat silaturahmi,” ujarnya.

“Saya berharap, silaturahmi yang baik ini tentu harus kita tanamkan di dalam diri kita sehari-hari. Bukan hanya saat pertandingan atau lomba. Begitu pula rasa kejujuran kita, rasa rela dan rasa care kita bisa diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” pungkasnya. (B)

Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini