40 Pelaku Usaha di Wakatobi Dilatih Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Olahan Hasil Laut

40 Pelaku Usaha di Wakatobi Dilatih Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Olahan Hasil Laut
FOTO BERSAMA - Bupati Wakatobi beserta jajarannya berfoto bersama peserta pelatihan. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Sebanyak 40 pelaku wirausaha industri olahan hasil laut dilatih pengelolaan bisnis dan manajemen.

Pelatihan yang dilakukan melalui dana alokasi khusus (DAK) non fisik itu diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) agar pelaku usaha memiliki kemampuan dan keterampilan.

Mulai dari manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran dan hal-hal yang terkait dengan kewirausahaan.

Supaya mereka dapat menjalankan usaha industrinya secara benar dan sistematis, sehingga usahanya semakin berkembang dan berdaya saing.

Bupati Wakatobi Haliana berharap supaya pelatihan itu memotivasi masyarakat. Terutama yang berwirausaha, supaya memiliki pengetahuan yang mantap, kompetensi yang baik sehingga bisa berusaha dan tumbuh bersaing dengan wirausaha lain.

BACA JUGA :  Nyaris Tak Terlaksana Karena Anggaran, Festival Adat Kerajaan Nusantara Berlangsung Sukses

Di samping itu mereka juga diharapkan bisa andil dalam pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi yang saat ini dalam proses pembangunan.

“Ketika kita memiliki ilmu maka tentu akan muncul kreatifitas, inovasi dan improvisasi kita yang tentu akan menjadi modal yang baik untuk berusaha,” tuturnya di Vila Nadila, Kecamatan Wangiwangi, Selasa, (11/7/2023).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wakatobi Safiuddin mengatakan, pesertanya terdiri dari 40 pelaku industri olahan hasil laut juga industri olahan hasil pertanian.

BACA JUGA :  Bupati Wakatobi Tabur 550 Ribu Benur Udang Vaname di 4 Kolam Bioflok

Perta akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa sudah memiliki kompetensi skill ilmu pengetahuan, tentang pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha agar bisa meningkat.

Di sisi lain, kata dia, Bupati Wakatobi tengah menggenjot budidaya rumput laut di daerah, ke depan rumput laut itu bisa menjadi unggulan olahan.

“Juga membuka kesempatan kerja bagi masyarakat. Kita berharap dari sisi kesejahteraan bisa lebih baik, dari segi peningkatan mutu produk yang dihasilkan jiga demikian,” ujarnya. (C)

Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini