574 Calon Jamaah Haji dari Kendari Berangkat ke Tanah Suci

136
547 Calon Jamaah Haji dari Kendari Berangkat ke Tanah Suci
Pemerintah kota (Pemkot) Kendari resmi pelepasan jamaah haji asal kota Kendari sebanyak 574 tahun 1444 Hijriah/2023, di salah satu hotel Kendari, pada Senin (29/5/2023). (C2/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID KENDARI– Pemerintah kota (Pemkot) Kendari resmi melepas jamaah haji asal kota Kendari sebanyak 574 tahun 1444 Hijriah/2023, di salah satu hotel Kendari, pada Senin (29/5/2023).

Penjabat (Pj) Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, bahwa calon jamaah yang tergabung dalam kloter 24 dan 25 mulai pemberangkatan dari Kendari-Makassar.

“Kami menyampaikan kepada seluruh calon jamaah haji kota Kendari Untuk meniatkan hati dengan ikhlas untuk melaksanakan ibadah haji hanya karena Allah SWT,”kata Asmawa Tosepu.

Ia mengungkapkan, karena haji dilaksanakan oleh seluruh jamaah haji Islam dunia, dalam suatu waktu yang bersamaan, agar mereka bisa menjadi duta bangsa dan daerah dengan mengedepankan tertib, sopan dan santun.

“Kami juga mendoakan kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat kota Kendari, Pemkot Kendari, semoga semuanya dalam lingkungan Allah SWT,” ujarnya.

Baca Juga :
Berusia 94 Tahun, Hamina Jadi Jemaah Haji Tertua Asal Kota Kendari

Untuk itu, pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Kendari terbagi dalam 2 kloter yakni 24 dan 25. dari Kendari ada yang berangkat pada 7-8 Juni 2023 karena mampir di Makassar asrama haji.

Adapun yang mendampingi untuk haji kota kendari dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari dan ada petugas dari kementerian agama serta Pemkot Kendari.

547 Calon Jamaah Haji dari Kendari Berangkat ke Tanah Suci
Rombongan Calon jamaah kota Kendari

Hal itu dilakukan dalam rangka memfasilitasi calon jamaah haji yang transit dari Makassar baik itu dari sisi penginapan maupun transportasi dari asrama haji ke bandara.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya mengatakan kloter 24 terdiri dari 385 calon jemaah haji (CJH), 3 orang panitia haji daerah (PHD), dan 5 orang pendamping kloter.

Kloter 24 ini dijadwalkan akan diberangkatkan pada 7 Juni dengan menggunakan 3 kali penerbangan, yaitu pertama pukul 7.00 WITA, penerbangan kedua pukul 9.30 WITA dan penerbangan ketiga pada 13.00 WITA.

Sedangkan untuk kloter 25, Kota Kendari terdiri dari 189 CJH, Kabupaten Konawe 134 CJH, Konawe Utara 34 CJH, Butur 9 CJH, dan Konawe Kepulauan (Konkep) 1 CJH, Muna Barat 17 CJH, ditambah PHD 4 orang, dan 5 orang pendamping kloter akan diberangkatkan pada 8 Juni.

Sebagai informasi awal di Makassar nanti ada pergeseran waktu pemberangkatan, yang awalnya berangkat tanggal 9 dan kloter 25 ini harusnya masuk tanggal 8.

“Sehingga ketika kita mau masuk tanggal 8 itu masih digunakan oleh penerbangan lain atau embarkasi lain sehingga kita sudah antisipasi ini untuk masuk di hotel selama satu hari. Itu yang sudah kita siapkan mitigasinya supaya kita upayakan calon jemaah haji ini jangan sampai komplen dan kita utamakan pelayanan dan keamanannya,” katanya.

Apalagi CJH Kota Kendari ini 40 persen atau sekitar 200 orang diantaranya adalah lansia dari total 574. (C)

 


Kontributor: C2
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini