59 Mahasiswa S-1 Kesmas UMW Kendari Laksanakan PBL 1 di Kecamatan Anggalomoare

79
59 Mahasiswa S-1 Kesmas UMW Kendari Laksanakan PBL 1 di Kecamatan Anggalomoare
59 Mahasiswa S-1 Kesmas UMW Kendari Laksanakan PBL 1 di Kecamatan Anggalomoare

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebanyak 59 mahasiswa Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 1 di Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe pada 7 hingga 19 Agustus 2023.

Kaprodi S-1 Kesmas UMW Kendari, Erwin Azizi Jayadipraja Deden Miftah, mengatakan, 59 mahasiswa tersebut tersebar di 6 desa meliputi Desa Puusangi, Desa Tabanggele, Desa Puusawah Jaya, Desa Galu, Desa Andobeu Jaya, dan Desa Lakomea.

“Sesuai dengan konsepnya bahwa kesmas adalah ilmu dan seni, selain menimba teori di kampus, mahasiswa ditingkatkan kemampuannya melalui PBL untuk melihat secara nyata masalah kesehatan dan memberdayakan masyarakat untuk penyelesaian masalah tersebut bersama masyarakat,” ungkapnya via pesan WhatsApp pada Senin (7/8/2023).

BACA JUGA :  Mahasiswa Prodi S1 Kesmas Laksanakan PBL II di Desa Puusangi Guna Berikan Penyuluhan Tentang Dampak Rokok Bagi Kesehatan Tubuh

Kata Erwin, PBL 1 dimaksudkan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan dengan berfokus pada seluruh variabel kesehatan terutama daerah pesisir dan tambang.

Pada kegiatan itu, mahasiswa dituntut untuk menjalankan seni komunikasi, advokasi, dan mengimplementasikan keilmuannya.

59 Mahasiswa S-1 Kesmas UMW Kendari Laksanakan PBL 1 di Kecamatan Anggalomoare

Mahasiswa sarjana Kesmas dalam PBL 1 tersebut akan melakukan pengumpulan data menggunakan epicollect. Dari data tersebut kemudian dilakukan perumusan masalah kesehatan berdasarkan hasil temuan dan nantinya dilakukan diskusi bersama masyarakat untuk menentukan program penyelesaian masalahnya.

BACA JUGA :  Dekan FST UMW Kendari Lantik Pengurus HMPS S1 Farmasi Periode 2023-2024

PBL 1 juga merupakan salah satu program mata kuliah di Prodi Sarjana Kesmas.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan hangat dari pemerintah kecamatan dalam hal ini Camat yang menitip agar dirangkaikan dengan sosialisasi mengenai stunting sesuai amanah presiden.

Melalui kegiatan PBL 1 itu, Erwin berharap mahasiswa mampu mengimplementasikan keilmuannya dan memberikan gagasan kepada masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat di lokasi PBL-nya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini