Musrembang RKPD 2019, Sulkarnain: Musrembang Awal dari Pembangunan

Musrembang RKPD 2019, Sulkarnain: Musrembang Awal dari Pembangunan
MUSREMBANG RKPAD 2019 - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat memberikan sambutan sebelum membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kendari tahun 2019, di Grand Clarion Hotel Kendari, Kamis (29/3/2018). (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kendari tahun 2019, bertujuan untuk melakukan penajaman dan penyempurnaan terhadap program-program strategis yang akan terlaksana pada tahun 2019 dan dituangkan dalam dokumen RKPD Kota Kendari tahun 2019.

Hal itu dikatakan Sulkarnain saat membuka kegiatan, di Grand Clarion Hotel Kendari, Kamis (39/3/2018).

Menurutnya, pelaksanaan musrembang RKPD Kota Kendari tahun 2019 merupakan kelanjutan dari pelaksanaan musrembang tingkat kelurahan, musrembang tingkat kecamatan dan forum organisasi perangkat daerah yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Musrembang adalah awal dari proses pembangunan untuk tahun mendatang. Keberadaan musrembang ini sangat menentukan dalam rangka mempertajam dan mensinergikan berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2019,” jelasnya.

BACA JUGA :  Terima Audiensi AMSI Sultra, Sulkarnain: Pemkot Siap Jadi Mitra

Lebih lanjut dikatakan Sulkarnain, RKPD tahun 2019 mengambil tema “mewujudkan pemerataan pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah”. Tema tersebut kata dia, menggambarkan fokus rencana pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam rangka mewujudkan visi misi Kota Kendari sebagaimana termuat dalam RPJMD Kota Kendari 2017-2022.

Untuk itu, Ketua PKS Kota Kendari ini mengharapkan melalui musrembang tersebut dapat menyamakan persepsi dan ada masukan yang positif dari semua pihak, sehingga sasaran pembangunan selaras dengan RPJMD 2017-2022.

“Pembangunan yang baik harus selalu dimulai dari perencanaan yang baik pula, karena pada hakikatnya semakin tinggi partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembangunan yang akan dicapai,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kemarau Diprediksi Sampai Desember, Bombana Rawan Kebakaran Lahan

Ia juga menambahkan, untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kota Kendari 2017-2022, maka pada tahun 2019 mendatang ada beberapa prioritas pembangunan diantaranya:

1. Pembangunan sumber daya manusia.
2. Peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan.
3. Peningkatan infrastruktur dasar lingkungan perumahan dan pemukiman.
4. Penanggulangan banjir dan daerah genangan.
5. Peningkatan pelayanan berbasis informasi teknologi.
6. Pengembangan pariwisata.
7. Peningkatan dan pembangunan infrastruktur dan
8. Peningkatan pembangunan ekonomi.

Musrembang ini turut dihadiri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Kendari, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Kendari, dan anggota DPRD Kota Kendari. (B)

 


Reporter : Ramadham Hafid
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini