Anton Timbang Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Akselerasi Investasi Daerah

55
Anton Timbang Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Akslerasi Investasi Daerah
Ketua Kamar Dagang dan Industri Sulawesi Tenggara (Kadin Sultra) Anton Timbang meraih penghargaan Sultra Award sebagai tokoh inovatif akselerasi investasi dan pembangunan ekonomi daerah. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI– Ketua Kamar Dagang dan Industri Sulawesi Tenggara (Kadin Sultra) Anton Timbang meraih penghargaan Sultra Award sebagai tokoh inovatif akselerasi investasi dan pembangunan ekonomi daerah.

Award itu diberikan diserahkan langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Selasa (4/10/2022) di Kendari.

Ali Mazi berharap kepada para tokoh yang menerima penghargaan Sultra Award agar menjadikan penghargaan tersebut bagian dari pembangkit semangat untuk mempersembahkan kinerja dan dedikasi terbaik dalam membangun Sultra ke depannya.

Anton Timbang sendiri setidaknya berperan dalam membangun ekonomi Sultra meliputi sektor ekonomi kerakyatan dengan mengembangkan perekonomian UMKM.

Kemudian, hirilisasi industri aspal buton, dan mendorong industri pertambangan Sultra.

Melalui Kadin Sultra ia memiliki agenda kerja dalam percepatan hilirisasi industri aspal Buton dan nikel. Agenda tersebut telah disampaikan dan diterima dalam Rapat Pimpinan Nasional Kadin Indonesia di Bali pada 2 hingga 4 Desember 2021.

Sementara di sektor pertambangan, hilirisasi industri nikel di Sultra diyakini sudah on the track.

Terbukti Kadin Sultra sedang melakukan langkah persiapan pembangunan industri nikel di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang tergabung dalam konsorsium PT. Terra Paradisaea.

Smelter ini, untuk menunjang operasi smelter dengan produk Mixed Sulfide Precipitate (MSP). Dengan kadar nikel 0,9 sampai 1,5 sementara cobalt dari 0,04 hingga 0,1.

Kata Anton Timbang, teknologi yang digunakan adalah Hidrometalurgi High Pressure Acid Leaching (HPAL), dengan kapasitas produksi MSP sebesar 144.000 ton per tahun dan membutuhkan input produksi sebesar 4,3 juta ton bijih nikel limonite per tahun. (*)

 


Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini