Bawaslu Konawe Luncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024

58
Bawaslu Konawe Luncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024
Komisioner Bawaslu Kabupaten Konawe, Indra Eka Putra dan Sabda, Jumat (10/6/2022).

ZONASULTRA.ID, UNAAHA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe meluncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024, Jumat (10/6/2022). Peluncuran itu, dilakukan secara serantak di Indonesia.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Konawe, Indra Eka Putra mengatakan, Bawaslu RI meluncurkan meja bantuan pemantau Pemilu 2024 dalam rangka mengefektifkan dan memaksimalkan keterlibatan lembaga pemantau pemilu.

“Pengalaman kita di pemilu tahun 2019, keterlibatan lembaga pemantau agak kurang karena diduga syarat verifikasi atau registrasi di Bawaslu itu agak rumit,” ucapnya saat ditemui di kantor Bawaslu Kabupaten Konawe, lokasi Meja Bantuan Pemantau Pemilu.

Indra menuturkan, oleh karena itu Bawaslu mengambil langkah tersebut sebelum masuk tahapan, untuk membantu lembaga pemantau pemilu dalam rangka mendaftar sebagai lembaga yang berwenang ikut serta memantau pemilu.

Indra juga mengatakan, sesuai dengan undang-undang pemilu, pemantau pemilu dapat ikut serta sejak tahapan dimulai. Pasalnya Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 akan dibuka mulai hari ini tanggal 10 Juni 2022.

“Tahapan dimulai tanggal 14 Juni, olehnya itu, meja bantuan pemantau pemilu kami buka, empat hari sebelum tahapan dimulai,” kata Indra.

Maja bantuan pemantau pemilu 2024 ini membuat Bawaslu lebih aktif dalam membantu lembaga pemilu. Sehingga, lembaga pemantau lebih mudah dalam melakukan registrasi.

“Misalkan lembaga pemantau pemilu belum tahu item-item yang penting perlu diadakan oleh pemantau, nanti di sini bisa kita siapkan formulirnya atau ada hal-hal yang yang belum jelas, Bawaslu bisa membantu,” imbuhnya. (C)

 


Kontributor: Atzhar Tabara
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini