Bawaslu Konut Lantik 39 Panwascam Guna Kawal Pilkada 2024

20
Bawaslu Konut Lantik 39 Panwascam Guna Kawal Pilkada 2024
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Konut menggelar pelantikan sekaligus pembekalan sebanyak 39 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam Pilkda 2024 di salah satu hotel Konut, Jumat (24/5/2024). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.ID, WANGGUDU- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Konut menggelar pelantikan sekaligus pembekalan sebanyak 39 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam Pilkda 2024 di salah satu hotel Konut, Jumat (24/5/2024).

Penetapam Panwascam Konut berdasarkan surat penetapan yang telah dikeluarkan oleh bawaslu konut dengan nomor : 144/KP.01.00/K.SG.-12/05/2024, yang telah di tanda tangani ketua Pokja pembentukan Panwascam Konut, Isbar.

Penetapan itu juga berdasarkan Undang-Undang (UU) nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah penganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota menjadi UU sebagaimana telah beberapa kali di ubah dengan UU RI nomor 6 tahun 2020 tentang penetapan peraturan pemerintah tentang pengganti UU nomor 2 tahun 2020.

Pengambilan sumpah dan janji 39 anggota Panwascam, dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Konut, Isbar, dihadiri kepala KPU Konut, Abdul Makmur, beserta para anggota, Dandim 1430, Ketua KIP dan Polres konut.

BACA JUGA :  139 Calon PPK Pilkada Konut Jalani Ujian Tertulis

Isbar mengatakan anggota Penwascam yang telah dilantik agar bisa menegakan keadilan pada pemilu pilkada 2024, sebagaimana tugas untuk mengawasi.

“Pada pelantikan panwascam ini, kami tidak melihat latar belakang teman-teman karena kalian mampu mengawal demokrasi di bumi oheo kabupaten Konut dengan baik,” katanya saat memberikan sambutan.

Ia mengukapkan anggota Panwascam agar bisa bekerjasama untuk mengawal demokrasi dan menindak jika terjadi pelanggaran di Pilkada 2024.

Lanjut, Bawaslu konut menitipkan pundak kepada anggota Panwascam untuk mengawal demokrasi dengan seadil-adilnya tanpa pandang bulu, karena ini membuktikan sebagai pengawas pemili harus bersinergi dengan yang lain, agar bisa menyukseskan penyelanggara pilkada 2024.

“Semoga bisa bekerjasama dengan baik, menciptakan pemilihan damai, berintregritas dan berkreditas,” bebernya

BACA JUGA :  Dikbud Konut Gelar Bimtek Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bagi Siswa

Ia menegaskan untuk tugas awal anggota Panwascam dalam melakukan wawancara perekrutan Panwas Kelurahan/Desa untuk tidak melakukan money politik. Kemudian dalam perekrutan Panwas Kelurahan/Desa berdasarkan kualitas bukan yang lain.

“Ketika kami mengetahui jika terjadinya proses nepotisme money politik kami tidak segan-segan memproses panwascam dalam perekrutan Panwas Kelurahan/Desa. Mari tegakan pemilu dengan adil dan jujur,” tegasnya

Ketua Komisi Independen Pemilihan  (KIP) Konut, Burhan mengucapkan selamat kepada anggota Panwascam yang hari ini telah dilantik. Diharapkan anggota Panwascam dapat bersinergi dengan KPU, memastikan semua pelaksanaan dalam penyelenggaran pemilu pilkada 2024 berdasarkan ketentuan.

“Sinergi itu penting untuk menyukseskan pilkada 2024 ini. Harapannya bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dan menjalankan tugas sesuai dengan tugasnya,” ujarnya

 

Reporter : Sutarman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini