Bawaslu Mubar Ajak Awak Media Ikut Awasi Pemilu Serentak 2024

Bawaslu Mubar Ajak Awak Media Ikut Awasi Pemilu Serentak 2024
Sosialisasi - Ketua Bawaslu Mubar, Awaluddin Usa bersama Prof Usman Rianse dan awak media saat foto bersama usai kegiatan sosialisasi pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publik pada Pemilu 2024, yang dilaksanakan di salah satu hotel, Kamis (14/12/2023).(Kasman/ZONASULTRA.ID).

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar sosialisasi Pengelolaan Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi serta Informasi Publik bersama para awak media yang dilaksanakan di salah satu hotel, Kamis (14/12/2023). Dalam kegiatan ini, awak media diajak untuk bersama-sama melakukan pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Ketua Bawaslu Mubar Awaluddin Usa menyampaikan, pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu menjadi penting, sebab pemilu harus berjalan jujur dan adil. Untuk itu, ia berharap seluruh awak media ikut bersama-sama mengawasi dan melakukan pencegahan apabila terjadi dugaan pelanggaran atau potensi pelanggaran pemilu ke depannya.

“Peran awak media sangat penting dalam pesta demokrasi. Apalagi kita ketahui pers ini adalah pilar keempat dari demokrasi. Saya mengajak seluruh awak media di Mubar ikut bersama-sama Bawaslu melakukan tugas-tugas pencegahan, pengawasan proses pelaksanaan pemilu sesuai regulasi,” kata Awaluddin Usa.

BACA JUGA :  Hujan Disertai Angin Kencang, Satu Rumah Warga Mubar Tertimpa Pohon Tumbang

Awaluddin melanjutkan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini mengambil tema materi terkait isu-isu krusial pemilu. Menurutnya, tema ini sangat penting agar ke depan dapat mengetahui potensi-potensi apa saja dan isu-isu krusial apa saja yang ada pada tahapan pemilu ini.

“Bawaslu Mubar masih keterbatasan sumber daya. Apalagi pemilu ini merupakan tanggung jawab kita semua. Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, kita butuh dukungan semua elemen terutama awak media. Jadi, apa yang menjadi informasi sahabat awak media menjadi bahan pertimbangan kita, misalkan netralitas ASN, politik uang, dan lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA :  Jadi Duta Stunting, Kemenag Mubar Dapat Bantuan 15 Unit Randis

Sampai ini, tambah Awal sapaan akrabnya, jarang mendapatkan laporan dari masyarakat. Padahal, Bawaslu ingin mendorong masyarakat berani untuk melaporkan dugaan pelanggaran pemilu.

“Karena dengan berani melaporkan, berarti ikut berpartisipasi menjaga proses pemilu ini. Jadi, kalau ada yang berani melaporkan dapat menjadi sumber informasi awal, apalagi informasi dari teman-teman awak media. Sehingga, kita dapat melakukan penelusuran,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini turut dihadiri Prof Usman Rianse sebagai pemateri, seluruh awak media dan ketua panwascam se-Mubar. (B)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini