Berikut Syarat Seleksi Masuk ke MAN IC Kendari Tahun Ajaran 2023/2024

376
Berikut Syarat Seleksi Masuk ke MAN IC Kendari Tahun Ajaran 2023/2024
Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023/2024 melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) yang telah dibuka sejak 9 Januari hingga 14 Februari 2023. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023/2024 melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) yang telah dibuka sejak 9 Januari hingga 14 Februari 2023.

MAN IC Kendari akan menerima 120 Peserta didik baru yang terdiri dari 60 laki-laki dan 60 perempuan pada tahun ajaran tersebut. Jumlah tersebut merupakan kapasitas maksimal asrama yang dimiliki.

Kepala Sekolah (Kepsek) MAN IC Kendari, Muhammad Naim mengatakan bahwa penerimaan calon peserta didik tahun ajaran 2023/2024 dibuka melalui jalur tes dan jalur prestasi dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Ada 5 langkah untuk mengikuti SNPDB MAN IC Kendari. Membuat akun, memilih jalur pendaftaran, memilih madrasah tujuan, mengunggah berkas persyaratan dan menyelesaikan pendaftaran,” ucap Naim di Kendari pada Selasa (11/1/2023).

Ia juga menjelaskan secara rinci terkait persyaratan umum SNPDB MAN IC Kendari 2023. Bagi madrasah/sekolah yang berhak mengikuti SNPBD MAN IC wajib mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), telah tedaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah).

Selanjutnya, mempunyai sertifikat akreditasi dari BAN-S/M atau surat izin opersional madrasah/sekolah, siswa pendaftar juga harus tercatat sebagai peserta didik kelas 9 MTs/SMP tahun pelajaran baru. Usia siswa pendaftar maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2021 yang dibuktikan dengan akte kelahiran.

Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS atau DAPODIK, mengunggah pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4, mengunggah fotokopi rapor nilai semester 3 – 5 yang telah dilegalisir. Serta persyataran khusus sesuai dengan jalur pendaftaran atau bagi pendaftar beasiswa pendidikan.

Pada jalur tes, wajib menyertakan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh kepala sekolah asal yang menyatakan peserta adalah siswa terbaik dan termasuk dalam kuota pendaftar.

Sementara untuk jalur prestasi dibuktikan dengan melampirkan sertifikat atau piagam prestasinya baik untuk perolehan emas, perak, atau perunggu. Dilengkapi dengan surat keterangan atau rekomendasi dari kepala sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat nasional atau luar negeri.

Siswa pendaftar juga dapat mengajukan beasiswa bantuan pendidikan dari MAN Insan Cendekia dengan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Lurah setempat.

Untuk alur pendaftaran SNPDB MAN Insan Cendekia Kota Kendari dilakukan mandiri oleh siswa pendaftar melalui daring (online). Siswa pendaftar membuat akun di portal emadrasah.kemenag.go.id yang akan digunakan selama proses SNPDB berlangsung dengan menggunakan NIK dan akun email.

Siswa pendaftar melengkapi biodata diri dan mengunggah berkas surat rekomendasi dari kepala sekolah asal. Bagi pendaftar jalur prestasi diminta mengunggah berkas tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi.

Siswa pendaftar memilih lokasi MAN Insan Cendekia (maksimal 2 lokasi). Siswa pendaftar mengunggah berkas persyaratan lainnya dan setelah semua berkas diperiksa ulang kelengkapannya, siswa pendaftar dapat mencetak kartu pendaftaran. Selanjutnya, panitia akan melakukan seleksi verifikasi berkas pendaftar.

Status pendaftaran, jadwal penting, dan pengumuman hasil seleksi dapat dipantau di halaman utama portal yang sama. Pengumuman peserta jalur prestasi akan diumumkan terlebih dahulu sebelum pengumuman peserta jalur tes. Peserta jalur tes yang dinyatakan lulus seleksi berkas akan melakukan ujian CBT yang dilakukan daring sesuai dengan tata cara dan jadwal yang diberikan. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini