BI Siap Pamer Kopi Tolaki di Sultra Expo UMKM 2022

BI Siap Pamer Kopi Tolaki di Sultra Expo UMKM 2022
Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendorong produk kopi Tolaki pada pergelaran Sultra Expo Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pelataran eks tugu MTQ 21 hingga 23 Juli mendatang.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong produk kopi Tolaki pada pergelaran Sultra Expo Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pelataran Eks Tugu MTQ 21 hingga 23 Juli.

Kepala BI Sulta Doni Septadijaya mengatakan, bahwa produk kopi Tolaki akan dikembangkan sebagai produk unggulan yang nantinya akan bernilai ekspor.

Ia mengaku, pihaknya telah melakukan pengembangan sendiri pada produk tersebut dan telah dilakukan pemasaran secara internasional.

” Kali ini akan rencanakan untuk melaunching Desa Devisa Kopi Tolaki. Ini akan menjadi momen kita, bagaimana kilopi Tolaki ini akan menembus pasar internasional,” ucap Doni di Kendari pada Selasa (19/7/2022).

BACA JUGA :  Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Sultra Upaya Kembangkan Quality Tourism di Wakatobi

Kata Doni, pertanian di Sultra memberikan pangsa yang besar secara ekonomi selain pertambangan. Untuk itu, BI Sultra mendorong sektor pertanian utamanya komoditas-komoditas unggulan di daerah agar memiliki nilai tambah untuk menghasilkan produk ekspor yang berstandar internasional.

Ia mengatakan, melalui expo tersebut para pelaku UMKM akan dipertemukan dengan calon pembeli baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, para pelaku UMKM juga akan dipertemukan dengan pihak perbankan untuk aspek pembiayaan.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif mengaku pihaknya telah banyak memberikan kredit bagi para petani kopi yang membutuhkan. Ia mencontohkan Bank Sultra di Kolaka Utara (Kolut) yang banyak memberikan kredit para petani cengkeh, coklat dan kopi.

BACA JUGA :  Fesyar BI Sultra Resmi Digelar di Lippo Plaza Kendari

Untuk diketahui, pelaksanaan Sultra Expo UMKM Sultra 2022 tersebut akan dimeriahkan oleh 44 stand UMKM serta penampilan dari penyanyi ibukota Rossa dan penyanyi lokal Wa Ode Heni Andraini di malam puncak tanggal 23 Juli nanti.

Selain itu, di hari terakhir expo akan dirangkaikan dengan launchin kartu debit dan mobile banking Bank Sultra sebagai produk digitalisasi yang baru dicanangkan oleh bank daerah tersebut. (b)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini