BI Sultra Siapkan 99 Titik Layanan Penukaran Uang pada Ramadan 2023

81
Sultra Siapkan 99 Titik Layanan Penukaran Uang pada Ramadan 2023
Doni Septadijaya

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara (KPw Sultra) menyiapkan 99 titik untuk layanan penukaran uang pada Ramadan 2023.

Kepala BI Sultra Doni Septadijaya mengatakan, penukaran uang yang dimaksud adalah uang lusuh dan tidak layak edar dengan ketentuan tertentu, termasuk penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2023.

“BI sebenarnya setiap tahun mengadakan pelayanan kas. Tahun ini ada 99 titik, tempatnya sama seperti tahun sebelumnya dan hanya bertambah sekitar 3 titik saja,” ungkapnya di Kendari, Senin (27/3/2023).

Lanjutnya, lokasi penukaran 99 titik tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sultra, seperti 46 titik di Kendari, 15 titik di Baubau dan utamanya pada daerah yang memiliki cabang bank termasuk layanan pada mobil kas keliling.

Khusus Kota Kendari, BI telah meluncurkan sebanyak 15 mobil kas keliling yang akan disebar ke beberapa titik keramaian kota dan masing-masing kantor bank yang ada.

Doni mengaku, pada Ramadan 2023 ini pihaknya menyiapkan Rp1,9 triliun untuk layanan penukaran uang. Nominal tersebut naik 28 persen dari tahun sebelumnya yang disediakan sebanyak Rp1,54 triliun.

Dari total Rp1,9 triliun, 96 persen diproyeksikan untuk kebutuhan uang pecahan besar yang terdiri dari demonisasi Rp20 ribu hingga Rp100 ribu. Sementara 4 persen sisanya atau Rp80,57 miliar disiapkan untuk uang pecahan kecil. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini