Bina Marga Sultra Berhasil Tuntaskan PHJD 200 Km untuk Tunjang Pariwisata

111
Bina Marga Sultra Berhasil Tuntaskan PHJD 200 Km untuk Tunjang Pariwisata
Harmunadin

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Bina Marga Sulawesi Tenggara (Sultra) telah berhasil menuntaskan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) sepanjang 200 kilometer (km) yang tersebar di beberapa daerah di Sultra untuk menunjang pariwisata.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Harmunadin, mengatakan, program tersebut diperuntukkan bagi daerah yang memiliki atau masuk dalam 10 destinasi wisata nasional.

“Wilayah Sultra masuk dalam program PHJD di fase pertama tahun 2019 karena memiliki destinasi wisata strategis yakni Wakatobi,” ungkapnya di Kendari pada Senin (10/7/2023).

Ia menjelaskan, Sultra mendapat program tersebut selama 3 tahun berturut-turut. Pda 2019 mendapat alokasi anggaran dari program tersebut sebesar Rp76 miliar untuk melakukan perbaikan jalan di Wakatobi, Buton, Buton Selatan (Busel) dan di Muna Barat (Mubar).

BACA JUGA :  Bank Sultra Catat Pencapaian Laba Tertinggi, Konsisten dalam Ekspansi dan Inovasi

Selanjutnya, pada 2020 Pemprov Sultra kembali mendapatkan alokasi anggaran dari program tersebut sebesar Rp83 miliar dengan melanjutkan perbaikan jalan di daerah yang sama dengan tambahan jalan di Kota Kendari.

Serta pada 2021 yang merupakan tahun terakhir dari program PHJD, Sultra mendapat kebagian Rp40 miliar untuk perbaikan jalan di Kota Kendari dan Kabupaten Buton.

Kata Harmunadin, total perbaikan jalan dari program PHJD yang dilakukakan secara bertahap sejak 2019 hingga 2021 tersebut sekitar 200 kilometer. Penilaiannya pun sangat ketat oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

BACA JUGA :  Hakim Perempuan di PN Andoolo Ungkap Keresahan, dari Minim Fasilitas hingga Rentan Intervensi

“Sultra selalu mendapatkan kriteria terbaik dari segi pelaksanaan maupun penyerapan anggaran dari penilaian yang dilakukan,” tambahnya.

Untuk diketahui, program PHJD adalah strategi pembinaan tata kelola jalan daerah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belanja infrastruktur jalan daerah yang dicanangkan dan dilaksanakan di seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini