BKSDA Sultra Amankan Buaya 2 Meter di Sekitar Kali Biru Kendari

179
BKSDA Sultra Amankan Buaya 2 Meter di Sekitar Kali Biru Kendari
Buaya yang ditemukan di sekitar kali biru, Kota Kendari pada Jumat (14/7/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengamankan satu ekor buaya dengan panjang kurang lebih 2 meter di sekitar kali biru, Kota Kendari pada Jumat (14/7/2023).

Koordinator Tim Rescue BKSDA Sultra, Ashar, menjelaskan, pihaknya mengamankan buaya tersebut berdasarkan laporan dari Babinsa Bungkutoko yang menyatakan ada buaya yang tertangkap di wilayah Bungkutoko sekitar pukul 08.00 WITA.

“Buaya masuk di dalam seronya Bapak Hamzah. Pagi-pagi, Pak Hamzah ini mau cek seronya, dikira ikan, ternyata buaya. Jadi dia sampaikan ke anak-anaknya agar buaya itu ditangkap,” ucap Ashar.

Menerima laporan tersebut, BKSDA Sultra langsung turun ke lapangan untuk mengamankan buaya yang telah ditangkap tersebut. Buaya itu kemudian dibawa ke kantor BKSDA Sultra untuk dilakukan pengecekan kesehatan.

Pasalnya, berdasarkan informasi di lapangan, saat proses penangkapan buaya tersebut sempat dipukuli. Selanjutnya, buaya akan dilepasliarkan ke penangkaran buaya Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

BKSDA Sultra mengimbau masyarakat terutama anak-anak yang sering mengunjungi kali biru agar berhati-hati dalam kegiatan di sekitar lokasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikhawatirkan masih banyak buaya lainnya di sekitar lokasi mengingat ukuran biaya yang diamankan masih tergolong kecil. Untuk itu, pihak BKSDA Sultra akan kembali ke lokasi sekitar kali biru untuk memasang papan informasi tentang adanya buaya di sekitar lokasi kali biru.

“Kemungkinan besar masih ada. Karena yang namanya anak pasti ada induk. Induknya ini kami belum pastikan berapa karena yang ditemukan hanya ukuran segitu,” tuturnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini