BMKG: Cuaca Malam Tahun Baru di Sultra Diprediksi Normal

456
Akibat Gerak Semu Matahari, Udara Siang dan Malam di Sultra Terasa Panas
Kota Kendari (Sumber instagram @muhammadjabir)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak akan mengganggu perayaan malam pergantian tahun 2022 ke 2023.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan, bahwa hal tersebut dibeberkannya berdasarkan data hasil observasi mingguan yang dilakukan oleh Prakirawannya sejak 26 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

” Hasil observasi menunjukkan tidak ada kendala cuaca berarti seperti hujan pada perayaan malam tahun baru, tapi kita harus tetap persiapkan diri. Terlebih jika terjadi hujan, persiapannya pada antisipasi dampak bencana yang bisa ditimbulkan,” ucapnya melalui pesan Whatsapp pada Jumat (30/12/2022).

Kendati demikian, hasil observasi tersebut masih menunjukan 2 wilayah di Sultra masih diprediksi akan mengalami hujan sedang yang bisa disertai guntur dan angin kencang pada 31 Desember 2022. Kedua wilayah tersebut yaitu Konawe Selatan (Konsel) dan Wakatobi.

Ia menuturkan bahwa penyebabnya masih umum seperti sebelumnya, yaitu gelombang atmosfer tipe rossby ekuatorial terpantau aktif di wilayah Sultra. Selain itu, anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air).

Serta massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal juga terpantau masih terkonsentrasi di wilayah Sultra. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sultra.

Meskipun demikian, pada 1 Januari 2023 Stasuin Meteorologi Maritim Kendari tidak mendeteksi adanya potensi terjadinya hujan, sehingga diperkirakan awal tahun akan dibuka dengan cuaca yang cerah.

Untuk diketahui, pada 30 Desember 2022 (hari ini) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi 3 wilayah di Sultra berpotensi alami hujan sedang yaitu Buton, Buton Selatan (Busel) dan Wakatobi. Selebihnya berdasarkan hasil observasi mengalami cuaca yang cerah. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini