Bupati Konut Dilantik Jadi Ketua DPW KSBN Sultra

122
Bupati Konut Dilantik Jadi Ketua DPW KSBN Sultra
Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin dilantik menjadi Ketua DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kendari, Selasa (16/5/2023). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.ID,KENDARI– Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin dilantik menjadi Ketua DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kendari, Selasa (16/5/2023).

Bupati Ruksamin bersama 59 anggota pengurus DPW KSBN Sultra periode 2023-2028 dilantik bersamaan oleh Ketua DPP KSBN, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji.

Tarian seni dan budaya dari berbagai suku ditampilkan mulai dari tari Suku Tolaki, Muna, Buton, Mornene, Bugis, Makassar, Bali, Jawa, hingga Papua dalam kegiatan ini.

Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji mengatakan, momen pelantikan ini menjadi bagian dari sejarah terbentuknya KSBN di Sultra. Dengan harapan bisa KSBN membangun dan saling menghormati dalam merawat keberagaman budaya yang ada di Sultra

BACA JUGA :  Resmi Buka Musrenbang, Bupati Konut: Tekankan untuk Berkalaborasi Bangun Daerah Lebih Baik

Menurutnya peran budaya dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Karena membangun kebudayaan sama dengan membangun peradaban bangsa.

“Ini kata undang-undang,” ujarnya.

Ia meminta kepada seluruh pengurus KSBN Sultra segera melakukan konsolidasi, agar organisasi dapat dijalankan sesuai anggaran dasar/ anggaran rumah tangga KSBN.

Sementara itu Ruksamin mengatakan, setelah pelantikan akan melakukan rapat kerja (Raker). Dari raker tersebut akan menghasilkan program-program kerja.

BACA JUGA :  Dinas P3A Gelar Rakor Penyediaan Layanan Korban Kekerasan

Ia menyebut, Sultra memiliki beragam seni dan budaya yang perlu dilestarikan dan diangkat ke skala nasional maupun internasional. Di tengah banyaknya dimensi seni yang berkembang, seperti seni tari, seni musik, seni rupa, seni sastra dan seni teater.

Sehingga dengan hadirnya KSBN, pihaknya ingin seni dan budaya di Sultra, dapat terus terjaga dan terawat karena hal tersebut merupakan identitas bangsa. (*)

 


Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini