Bupati Wakatobi Resmikan Gedung BUMDes Permatasari di Togo Binongko

24
Bupati Wakatobi Resmikan Gedung BUMDes Permatasari di Togo Binongko
PERESMIAN-Bupati Wakatobi Haliana meresmikan BUMDes) Permatasari di Desa Oihu, Kecamatan Togo Binongko, Sabtu (2/12/2023). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Haliana meresmikan Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Permatasari Desa Oihu, Kecamatan Togo Binongko, Sabtu (2/12/2023).

Haliana berkata, peran pendamping untuk merealisasikan BUMDes yang maju seperti di Desa Oihu sangat besar. Sehingga diharapkan dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Wakatobi.

“Keberhasilan BUMDes di Desa Oihu, juga bisa menjadi tempat pembelajaran buat desa-desa lain di Wakatobi yang ingin mengembangkan BUMDes,” ujarnya.

Haliana berharap usaha dalam BUMDes Permatasari di Desa Oihu dapat terus dikembangkan agar menciptakan lapangan kerja sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

BACA JUGA :  Di Forum Internasional, Haliana Minta Pendidikan Konservasi Dikembalikan

“Salah satu peranan BUMDes adalah bagaimana mengolah atau mengelola potensi desa tersebut untuk bisa menghasilkan lapangan kerja maupun pendapatan dan kesejahteraan kepada masyarakat,” terangnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Oihu Safiun menerangkan, pembangunan BUMDes Permatasari dimulai sejak 2022, lewat anggaran Dana Desa (DD) yang kemudian diselesaikan pada 2023.

Safiun melanjutkan, BUMDes Permatasari Desa Oihu memiliki beberapa kegiatan yang sementara berjalan. Di antaranya program penyulingan air bersih yang melayani kebutuhan air bersih untuk Desa Oihu dan desa-desa lain di Pulau Binongko.

BACA JUGA :  Wakatobi Juara 2 Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan

Di samping itu, terdapat juga kegiatan BRI Link yang modalnya berasal dari penyertaan modal DD, serta pembangunan Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) desa khusus MCK.

“Kemudian DD sebesar Rp120 juta, akan digunakan untuk peningkatan usaha BUMDes ini. Hal tersebut menunjukkan komitmen dari pemerintah desa dalam mendukung pengembangan BUMDes sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di desa. Ada penyertaan modal dari DD untuk BUMDes sebesar Rp120 juta untuk peningkatan usaha BUMDes,” pungkasnya. (B)

Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini