Calon Investor Rumput Laut Survei Sistem Kelistrikan di Wakatobi

521
Calon Investor Rumput Laut Survei Sistem Kelistrikan di Wakatobi
FOTO BERSAMA-Calon investor, DKP Wakatobi dan squad PLN Wangiwangi berfoto bersama saat akan melakukan survei lapangan. (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI-Manager Perseroan Terbatas (PT) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) Wangi-Wangi beserta staf menerima kunjungan kerja (Kunker) Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Perikanan dan Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Manajer PLN Wangiwangi Muhammad Riyan Hidayat Yamin mengatakan, kunjungan yang dilakukan KKP bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi itu untuk mendampingi calon investor pengolahan rumput laut dari PT Indo Rama guna melakukan koordinasi terkait ketersediaan dan sistem kelistrikan di Kabupaten Wakatobi, khususnya di Pulau Wangi-Wangi.

“Rencana awal kebutuhan daya listrik untuk pengolahan rumput laut tersebut kurang lebih 370.000 watt,” katanya di Wangiwangi, Minggu (16/7/2023).

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

Manager mengungkapkan, jika PLN siap mendukung penuh dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi serta KKP, agar rencana investasi tersebut dapat terwujud dan tentunya menyukseskan program electrifying agriculture.

Muhammad Riyan Hidayat Yamin menjelaskan, electrifying agriculture merupakan salah satu program inovasi PLN dengan pemanfaatan energi listrik di bidang agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan serta peternakan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Calon Investor Rumput Laut Survei Sistem Kelistrikan di Wakatobi
Calon investor, DKP Wakatobi dan squad PLN Wangiwangi melakukan diskusi pembahasan ketersediaan dan sistem kelistrikan di Pulau Wangi-Wangi. (ISTIMEWA).

“Informasi dan rencana awal dari DKP, itu di Liya Togo, yang jalan tembus ke Bandara Matahora. Rencana pembangunan pabriknya tadi infonya juga setelah deal terkait lahan, hari ini survei lokasi,” ujarnya.

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

Untuk dukungan PLN, kata dia, mereka siap melakukan perluasan jaringan atau pembangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan gardu, jika kondisi di lokasi belum ada jaringan existing. Sementara untuk sumber energinya nanti dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

“Insyaallah siap, karena rencana akan ada tambahan mesin 1 unit kapasitas 1.000 watt dalam waktu dekat, itu info dari team leader PLTD Wangiwangi. Dalam artian PLN siap memenuhi kebutuhan listrik rencana pengolahan rumput laut tersebut,” pungkasnya.

 


Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini