[Cek Fakta] Hoaks Foto Korban Politik 2024

35
[Cek Fakta] Hoaks Foto Korban Politik 2024
Postingan di grup facebook “Muna Barat Watch” dengan narasi korban politik Pemilu 2024.

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sebuah postingan di grup facebook “Muna Barat Watch” pada Jumat, 9 Februari 2024 menunjukkan  foto dua orang pria bertato yang sedang diborgol berada di sebuah ruangan yang mirip rumah sakit. Kedua pria dalam foto itu tampak babak belur di bagian wajah.

Akun facebook yang memposting foto tersebut menambahkan keterangan “Itu lah bodohnya kmu …korban politik 2024”. Postingan ini pun mendapat reaksi anggota grup Facebook warga Sulawesi Tenggara (Sultra) ini. Hingga Minggu (11/2/2024) terdapat 24 like dan 9 komentar.

“Masak politik babak belur” tulis salah satu pengguna Facebook.

*Hasil Cek Fakta

Cek Fakta Zonasultra.ID melakukan penelusuran melalui google search image dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto yang identik terdapat pada situs media massa infosumbar.net dengan judul berita “Beredar, Foto Hoaks Pelaku Perampokan di Balimbiang Sudah Ditangkap” tertanggal postingan 25 Oktober 2021.

Foto serupa juga ada pada situs media massa salingkamedia.com dengan judul berita “Berita Hoaks Tentang Tertangkapnya Pelaku Pembunuhan di Belimbing” tertanggal postingan 26 Oktober 2021. Foto yang identik sama juga pernah diposting oleh sebuah halaman Facebook di Malaysia bernama “Serawak Viral” pada 5 November 2021.

*Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Zonasultra.id, foto dengan narasi korban politik 2024 adalah tidak benar alias hoaks. Tidak ada fakta yang mendukung bahwa foto tersebut berkaitan dengan Pemilu 2024, apalagi foto serupa telah lama beredar di internet sejak tahun 2021.

*Rujukan

Reporter: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini