Cek Fakta: Tidak Terbukti Foto Prabowo Terbaring Sakit

785
Cek Fakta: Tidak Terbukti Foto Prabowo Terbaring Sakit
Postingan di Facebook berupa foto yang mirip dengan Calon Presiden Prabowo Subianto sedang terbaring di sebuah ranjang perawatan. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Telah beredar di media sosial sebuah foto yang mirip dengan Calon Presiden Prabowo Subianto sedang terbaring sakit di sebuah ranjang perawatan. Foto itu diposting oleh salah satu akun Facebook di grup Facebook “FORUM KOMENTAR KOLAKA UTARA” pada Kamis, 15 Februari 2024.

Berikut ini narasinya:

“ Tuk segenap saudara ku di grup ini mari kita doakan semoga pk prabowo bisa cepat pulih n kembali beraktivitas lagi.. Description:”

Hingga Jumat (16/2/2024), postingan tersebut mendapat 11 komentar dan 13 like. Dari komentar pengguna Facebook ada yang mengatakan kalau orang dalam foto itu berbeda dengan Prabowo, dan ada juga yang mendoakan semoga cepat sehat kembali.

Hasil Cek Fakta

Dari penelusuran Cek Fakta Zonasultra.id di sejumlah media nasional yang memberitakan aktivitas Prabowo pada 15 Februari 2024, tidak ada yang menunjukkan Prabowo sedang sakit maupun menjalani perawatan di rumah sakit.

BACA JUGA :  Cek Fakta: Beredarnya Foto Amplop Merah Lambang PDI-P dengan Isi Rp.300.000 di Medsos

Usai pelaksanaan pemungutan suara, Prabowo melakukan ziarah ke dua Tempat Pemakaman Umum (TPU) berbeda yaitu di Tanah Kusir dan Karet Bivak bersama para ajudannya pada 15 Februari 2024.

Mengutip Bisnis.com, ketika berada di Karet Bivak, para pendukung Prabowo Subianto berdatangan dan mulai berusaha berjabat tangan hingga memeluk Prabowo Subianto. Setelah menyapa pendukungnya, Prabowo kemudian naik motor menuju ke makam untuk berziarah.

Dia mengunjungi makam kakeknya R.A Wirodihardjo dan ayahnya Sumitro Djojohadikoesoemo Prabowo pun khusuk berdoa, dilanjutkan dengan menabur bunga dan menyiram air di makam-makam tersebut.

Kemudian hari ini, 16 Feberuari 2024, Prabowo menyambangi Masjid Al-Riyadh di Kwitang, Jakarta Pusat. Kedatangan Prabowo untuk berziarah ke makam Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi atau Habib Ali Kwitang.

BACA JUGA :  [SALAH]: Demokrat dan Golkar Bersatu Usung Anies

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (16/2/2024), Prabowo tiba di Masjid Al-Riyadh, Jalan Kembang Raya, Kwitang, Jakarta Pusat, pada pukul 14.06 WIB. Prabowo tampak menyapa warga yang sejak siang berkumpul menyambut kedatangannya.

Selain itu, Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan foto itu bukanlah atasannya. Prabowo dipastikan dalam keadaan sehat dan beraktivitas seperti biasa.

“Siapa itu? Hoax (Prabowo sakit),” kata Dahnil dikutip JawaPos.com, Kamis (15/2/2024).

Kesimpulan

Foto Prabowo Subianto sedang terbaring sakit di sebuah ranjang perawatan tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Dari hasil penelusuran, Prabowo masih beraktivitas.

Rujukan

https://kabar24.bisnis.com/read/20240216/15/1741418/unggul-di-quick-count-dan-real-count-pemilu-2024-prabowo-ziarah-ke-makam-orang-tua

https://news.detik.com/pemilu/d-7196811/prabowo-ziarah-ke-makam-habib-ali-kwitang-cium-kening-anak-anak-dari-mobil

https://www.jawapos.com/ternyata-hoax/014164507/prabowo-terbaring-sakit-akibat-kelelahan-dahnil-hoax

Reporter: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini