Daftar Figur yang Berpotensi Maju Pilgub Sultra 2024

1081
Daftar Figur yang Berpotensi Maju Pilgub Sultra 2024

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Jelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024, sejumlah nama mulai mencuat di publik. Selain memang terwacana, beberapa tokoh juga tampak di baliho sosialisasi bahwa akan maju sebagai Calon Gubernur Sultra.

Para tokoh tersebut berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari legislator, pengusaha, advokat, elite partai politik, hingga mantan kepala daerah. Bahkan beberapa telah resmi mendaftar di partai politik tingkat provinsi.

1. Lukman Abunawas

Sebagai Ketua PDI Perjuangan Sultra, Lukman Abunawas memiliki kans untuk maju mencalon gubernur. Lukman Abunawas atau LA baru saja menyelesaikan masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur pada 2023 lalu.

Dalam karir politiknya, dia pernah menjadi Bupati Konawe 2 periode. Sebelum itu, dia menapaki berbagai jenjang jabatan di birokrasi. Bahkan setelah jadi bupati, dia sempat kembali berkarir di PNS sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra.

2. Ridwan Bae

Sebagai politisi Golkar, Ridwan Bae salah satu tokoh yang pernah menduduki berbagai jabatan dari kepala daerah hingga sebagai legislator.

Dalam jejak langkahnya, Ridwan Bae pernah menjadi Bupati Muna dua periode, Anggota DPR RI dua periode, yang selanjutnya akan menjadi tiga periode dengan tepilih dalam Pemilu 2024.

3. Yusuf Tawulo

Tokoh yang satu ini merupakan salah satu advokat dan pengusaha tambang yang sukses meniti karier di Jakarta. Yusuf Tawulo pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Konawe. Jelang Pemilihan Presiden 2024 lalu, Yusuf Tawulo adalah Ketua Laskar Prabowo 08.

Sebagai putra daerah, dia turut terwacana tuntuk kembali ke Sultra untuk maju sebagai Calon Gubernur Sultra.

BACA JUGA :  [SALAH] Partai PBB Menyatakan Deklarasi Mendukung Anies Sebagai Presiden 2024

4.Tina Nur Alam

Sosok perempuan yang akan meramaikan Pilgub Sultra 2024 adalah Tina Nur Alam. Dalam perjalanan karir politiknya Tina akan memasuki periode ketiga sebagai Anggota DPR RI.

Tina merupakan istri mantan Gubernur Sultra Nur Alam. Tina juga adalah Ketua Ikatan Alumni (IKA) Fisip Universitas Halu Oleo (UHO).

5. Ruksamin

Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin sudah mendeklarasikan diri akan maju dalam Pilgub Sultra 2024. Informasi terbaru, ia telah mendapat surat tugas terkait Pilgub Sultra dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Ruksamin saat ini adalah Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra. Pada Pileg 2024, PBB berhasil meraih 4 kursi DPRD Provinsi Sultra, sehingga butuh 5 kursi koalisi partai lagi untuk dapat mengusung pasangan calon gubernur.

6. Hugua

Saat ini Hugua adalah Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra dari PDI Perjuangan. Mantan Bupati Wakatobi dua periode ini pernah maju sebagai calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Asrun pada 2018 lalu. Kali ini namanya kembali mencuat untuk Pilgub 2024.

Perkembangan terbaru, Hugua telah mendaftar di Partai Demokrat Rabu 3 April 2024. Politisi PDI Perjuangan itu menjadi orang terakhir yang mengambil formulir dan mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur Sultra di kantor Demokrat Sultra.

7. Kery Saiful Konggoasa

Kery merupakan Bupati Konawe dua periode 2013-2018 dan 2019-2023. Dia salah satu bakal calon Gubernur Sultra yang sudah getol mensosialisasikan diri sejak menjabat bupati pada periode kedua.

BACA JUGA :  Mengenal Quick Count, Benarkah Akurat?

Kery Saiful Konggoasa saat ini merupakan kader Partai Nasdem setelah sebelumnya berkiprah di Partai Amanat Nasional (PAN). Pada Pemilu 2024 lalu, Kery maju menjadi Calon Anggota Legislatif atau Caleg DPR RI dari Partai Nasdem di Dapil Sultra.

8.Umar Bonte

Lolos sebagai calon anggota DPD RI dengan suara terbanyak pada Pemilu 2024, La Ode Umar Bonte kini melirik Pilgub Sultra 2024. Dia saat ini mengikuti penjaringan Partai Demokrat Sultra.

Dalam jejak politiknya, Umar pernah menjadi Anggota DPRD Kendari periode 2014-2019 lewat PDI Perjuangan.

9. Andi Sumangerukka

Tokoh yang satu ini saat ini menjabat Ketua DPW Partai PPP Sultra. Andi Sumangerukka atau yang terkenal dengan singkatan ASR adalah mantan Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin.

ASR termasuk salah satu calon yang sudah lama melakukan sosialisasi sebagai Bakal Calon Gubernur Sultra. Berdasarkan hasil Pemilu 2024, PPP diproyeksikan mendapatkan 3 kursi DPRD Provinsi Sultra, sehingga butuh enam kursi partai koalisi lainnya untuk mencalonkan di Pilgub Sultra 2024.

10. Abdul Rahman Farisi

Politisi Partai Golongan Karya ini juga salah satu yang mencuat. Selain Ridwan Bae, Abdul Rahman Farisi atau ARF juga adalah figur yang mendapat surat tugas dari DPP Golkar untuk maju di Pilgub Sultra 2024.

Pada Pileg 2024, ARF adalah caleg DPR RI Dapil Sultra yang menempati peringkat kedua di Golkar setelah Ridwan Bae. Karena Golkar hanya mendapat satu kursi maka Ridwan Bae yang berhak melenggang ke Senayan.

Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini