Danrem Kendari Ingatkan Netralitas TNI Jelang Pilkada 2020

112
Danrem Kendari Ingatkan Netralitas TNI Jelang Pilkada 2020
PERESMIAN MASJID – Danrem 143/Haluoleo Kendari Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan bersama istrinya saat potong pita peresmian masjid Kodim 1413 Buton, Kamis (15/10/2020). Gelaran tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota dan Ketua DPRD Baubau, Bupati dan Wakil Bupati Buton, juga Bupati Buton Tenggah. (Risno Mawandili/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,BAUBAU – Komandan Korem (Danrem) 143/Haluoleo Kendari Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan mengingatkan pentingnya netralitas TNI pada perhelatan Pilkada 2020. Prajurit TNI diminta mengedepankan kepentingan negara dan bangsa.

“TNI itu harus netral. Dia tidak ke kanan atau ke kiri. Kita hanya satu, kepentingan negara dan bangsa. Siapa pun yang dipilih oleh rakyat itu yang terbaik,” tegasnya saat memberi sambutan di Markas Kodim 1413 Buton di Kota Baubau, Kamis (15/10/2020).

Jannie Aldrin berkunjung ke Baubau guna meresmikan pembangunan masjid Kodim 1413 Buton serta meletakkan batu pertama bangunan pusat kesehatan masyarakat pembantu (pustu) di sana.

Masjid di Kodim 1413 Buton dibangun dengan swadaya yang dikumpulkan selama 10 bulan lamanya. Hal serupa juga terjadi pada bangunan pustu yang ditarget rampung Desember 2020.

Jannie Aldrin mengingatkan pentingnya netralitas ASN karena sebentar lagi Kabupaten Wakatobi yang juga merupakan wilayah tugas Kodim 1413 Buton bakal menghelat pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini.

Danrem Kendari Ingatkan Netralitas TNI Jelang Pilkada 2020
Peletakan batu pertama Pustu Kodim 1413 Buton yang dilakukan Danrem 143/Haluoleo Kendari Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan didampingi istri

Selain soal netralitas TNI, Danrem juga menyampaikan agar pasukan pengaman negara tidak alergi dengan para pedemo. Menurutnya, pedemo merupakan warga negara kreatif yang berani menyuarakan pendapat. Sehingga TNI, lanjut dia, harus bisa mengarahkan suara para pedemo ke hal-hal positif biar lebih bermanfaat.

Menanggapi soal netralitas ini, Komandan Kodim (Dandim) 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan menegaskan anggotanya dijamin netral pada perhelatan Pilkada di Kabupaten Wakatobi nanti.

“Itu sudah jelas tidak ada keberpihakan satu orang anggota pun kepada calon pada pilkada nantinya. Siapa pun yang dipilih rakat itulah yang akan kita dukung dalam pelaksaan tugasnya nanti,” tegas Arif.

Arif menambahkan, untuk pengamanan jelang pilkada di Kabupaten Wakatobi pihaknya telah menurunkan jajarannya di beberapa titik. Mereka bertugas memantau kondisi dan situasi yang memicu potensi terbelahnya masyarakat. Selain itu, Kodim 1413 Buton juga sudah mempersiapkan personel untuk pengamanan hari H pilkada. (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini