Dekan dan 4 Dosen MIPA UHO Dikukuhkan Jadi Guru Besar

Dekan dan 4 Dosen MIPA UHO Dikukuhkan Jadi Guru Besar
Dekan FMIPA UHO, Ida Usman saat dikukuhkan menjadi guru besar di auditorium UHO pada Rabu (18/10/2023).(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dekan dan empat dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dikukuhkan menjadi guru besar oleh Rektor dan senat UHO di Auditorium UHO pada Rabu (18/10/2023).

Adapun 5 guru besar yang baru saja dikukuhkan tersebut, yaitu Dekan MIPA UHO, Ida Usman bidang ilmu fisika material fungsional dengan judul orasi ilmiah “Sel Surya dan Potensi Pengembangannya di Indonesia”.

Selanjutnya, Armid bidang ilmu kimia kelautan dengan judul orasi ilmiah “Penggunaan Organisme Laut dalam Rekonstruksi Perubahan Iklim sebagai Efek Pemanasan Global”.

Berikutnya, Mukhsar bidang ilmu statistika terapan dengan judul orasi ilmiah “Pemodelan Stokastik Bayesian Sebagai Pendekatan Statistik Era Sosaity 5.0 Dalam Analisis Data Epidemik Spasial Temporal”.

Guru Besar berikutnya, Hasria bidang ilmu geologi sumber daya mineral dengan judul orasi ilmiah “Karakteristik dan Potensi Endapan Emas Orojenik Sultra Sebagai Target Eksplorasi Baru Endapan Emas Indonesia”. Serta Suriana bidang ilmu biologi/genetika dengan judul orasi ilmiah “Gensitokrem Oksidase Subyunit 1 Co 1 Sebagai Barkot Hewan dan Peranannya dalam Menunjang Identifikasi Hewan”.

BACA JUGA :  UHO Bakal Buat Aturan Tak Wajib Skripsi, Tugas Akhir Tetap Ada

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu, mengatakan, pengukuhan guru besar tersebut merupakan agenda ke-3 kalinya dilaksanakan di UHO untuk tahun 2023 dan masih akan ada 3 kali agenda pengukuhan guru besar lainnya.

Kata dia, 5 orang guru besar dari FMIPA yang baru saja dikukuhkan berasal dari jurusan kimia, fisika, biologi, matematika dan bioteknologi. Kata dia, guru besar di UHO sampai dengan yang akan dikukuhkan pada akhir November nanti berjumlah 120 orang.

“Sudah lumayan banyak, tapi jika dilihat dari jumlah dosen yang ada itu belum sampai 10 persen. Kita harap ke depannya minimal jumlah guru besar sekitar 10 persen dari keseluruhan. Kita akan dorong itu,” ungkapnya.

Atas pengukuhan tersebut, rektor berharap para guru besar menjadikan itu sebagai tantangan dan motivasi untuk banyak berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara.

BACA JUGA :  Gelar Kuliah Umum, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UHO Hadirkan Pakar dari State University of New York

Kesempatan yang sama, Dekan FMIPA UHO, Ida Usman mengatakan bahwa di tahun 2023 fakultasnya berhasil mendapatkan 7 orang guru besar. Dua di antaranya telah dikukuhkan sebelumnya dan 5 orang lain termasuk dirinya baru saja dikukuhkan.

“Mudah-mudahan dengan tambahan guru besar ini, MIPA semakin baik, semakin maju. Harapan kita guru besar semakin aktif dalam kegiatan penelitian sehingga FMIPA bisa lebih baik kedepannya,” ucap Usman.

Saat ini, total guru besar di FMIPA UHO berjumlah 26 orang. Kata Usman, semua dosen yang ingin menuju guru besar selalu didorong untuk segera diproses cepat.

FMIPA sendiri sedang berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan mencanangkan zona integritas serta sementara mengupayakan agar dapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini