Dinkes Wakatobi Target Dua Puskesmas di Wangiwangi Jadi BLUD

475
Dinkes Wakatobi Target Dua Puskesmas di Wangiwangi Jadi BLUD
Muliadin Anis

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI-Dua puskesmas di Pulau Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal berubah statusnya menjadi badan layanan umum daerah (BLUD) di tahun 2024. Kedua puskesmas tersebut adalah Puskesmas Wangiwangi dan Puskesmas Wangiwangi Selatan (Wangsel).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi Muliadin Anis mengungkapkan, mereka berencana agar kedua puskesmas tersebut berubah status karena wilayahnya luas dan penduduk yang dikover juga besar.

“Tentunya BLUD ini sudah mandiri, baik pengelolaan kegiatan maupun pengelolaan keuangannya, harus punya neraca sendiri dan laporan sendiri,” ungkapnya di Wangiwangi baru-baru ini.

Meskipun secara pengelolaan kegiatan dan keuangan sudah dilakukan secara mandiri, kata Muliadin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinkes tetap melakukan pembinaan terhadap BLUD itu.

Selain memiliki kelebihan dari sisi pelayanan, BLUD juga harus meningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dari sisi penyediaan fasilitas operasionalnya sudah akan lebih mudah.

“Karena dari sisi pengelolaan pendapatan, sudah bisa dimanfaatkan secara langsung oleh puskesmas itu. Harus ditunjang oleh sumber daya manusia (SDM) yang memenuhi kualifikasi dan standar. Tentunya juga akan dikoordinasikan dengan Pemkab tentang rekrutmen SDM untuk menunjang pelayanan di BLUD tersebut,” ujarnya.

Muliadin juga menerangkan, dari sisi pengelolaan manajemen, jelas Pemkab berharap lebih bagus sesuai standar operasional prosedur (SOP). Program bisnisnya, diharapkan bisa lebih inovatif dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Muaranya kan ke peningkatan kualitas dan kepuasan masyarakat bisa lebih bagus. Kita berharap kalau ini jadi, mungkin kita perluas lagi ke Wakatobi II, minimal ada satu per pulaunya, itu target ke depan. Harapan kita ada peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat, dari sisi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan,” harapnya.

Rencananya tahun 2024 baru bisa jadi BLUD, sebab tahun ini mereka melakukan persiapan dari sisi administrasi, agar bisa dirampungkan dalam waktu dekat.

“Hal demikian itu juga akan dikonsultasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal layak dan tidaknya,” pungkasnya. (B)

Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini