Dinsos Sultra Anggarkan Rp750 Juta untuk Rehab Makam Oputa Yii Koo di Baubau

315
Dinsos Sultra Anggarkan Rp750 Juta untuk Rehab Makam Oputa Yii Koo di Baubau
Makam Oputa Yii Koo.(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan Rp750 juta untuk rehabilitasi makam Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yii Koo yang berada di benteng keraton Buton.

Rehabilitasi makam Sultan Buton ke-XX dan XXII tersebut akan dilakukan Pemprov melalui Dinas Sosial (Dinsos) dengan anggaran yang dibebankan pada APBD Sultra tahun 2023.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sultra Pahri Yamsul mengatakan, bahwa penataan kawasan makam Oputa Yii Koo menjadi salah satu program dari Dinsos Sultra sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional.

“Sebelum direhabilitasi, kami akan berkoordinasi dan bersepakat terlebih dahulu bersama masyarakat adat, karena makam ini masuk dalam kawasan keraton,” ucap Pahri di Kendari pada Selasa (9/5/2023).

BACA JUGA :  Festival Liangkobori Akan Kembali Digelar, Ada Berbagai Lomba dan Pertunjukan

Kata dia, dengan adanya patung dan makam Oputa Yii Koo di pulau Buton akan menjadi penunjang bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke daerah tersebut untuk mengetahui sejarah serta pahlawan nasional asal Sultra.

Makam Oputa Yii Koo ini akan digadang menjadi tempat wisata sejarah sehingga pengunjung akan berziarah sekaligus berwisata untuk mendukung keberadaan Benteng Keraton Buton.

BACA JUGA :  Dorong Peningkatan Kualitas Event Pariwisata, Dispar Sultra Launching KEN 2024

Mantan Kadis Cipta Karya itu juga menyatakan, setelah rehabilitasi makam rampung, pihaknya akan menyerahkan ke Dinas Pariwisata Sultra dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra agar dapat disosialisasikan dan dipublikasikan.

Untuk diketahui, rehabilitasi makam Oputa Yii Koo berkonsep seperti ruang terbuka hijau dengan titik sentralnya makam itu sendiri dan beberapa makam lainnya di sekitaran kawasan tersebut.

Konsep ini diadopsi agar membuat pengunjung merasa nyaman dan tidak merasa takut lagi berkunjung ke makam karena dilengkapi dengan taman serta pencahayaan lampu. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini