Dispar Sultra Luncurkan Aplikasi “Maimo”, Berisi Tentang Informasi Wisata

36
Dispar Sultra Luncurkan Aplikasi “Maimo”, Berisi Tentang Informasi Wisata
Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan aplikasi “Maimo” di salah satu rumah makan Kendari pada Kamis (29/11/2023). (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan aplikasi “Maimo” di Kendari pada Kamis malam (29/11/2023). Aplikasi yang sudah dapat diunduh di Playstore ini memberikan informasi seputar pariwisata yang ada di Sultra meliputi destinasi wisata, desa wisata, hotel, rental, toko, dan restoran.

Kepala Dispar Sultra, Belli yang meluncurkan langsung aplikasi tersebut mengatakan hadirnya aplikasi Maimo merupakan hasil diskusi di internal Dispar Sultra. Sebab selama ini, hasil kegiatan-kegiatan Dispar Sultra terkait identifikasi potensi wisata belum ada kanalnya.

Misalnya saat ini Dispar Sultra sedang mengidentifikasi 100 air terjun di Sultra, serta beberapa pantai yang layak dikunjungi. Dia berharap, hasil kerja seperti ini dapat masuk ke aplikasi Maimo sehingga bisa menjadi rujukan wisata penggunanya.

BACA JUGA :  Ajang Deep & Extreme Indonesia 2024, Wakatobi dan Labengki Tarik Minat Pengunjung

“Insyaallah nanti dengan kebijakan Dispar, aplikasi ini jadi ujung tombak promosi wisata,” ujar Belli saat peluncuran Maimo.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Sultra Andi Syahrir menjelaskan bahwa lahirnya aplikasi tersebut berangkat dari keprihatinan bahwa sekian lama pariwisata Provinsi Sultra bergerak tapi tidak ada informasi yang terpadu untuk wisatawan. Oleh karena itu, Dispar berusaha menggagas aplikasi tersebut.

Semula pihaknya kesulitan mencari kata yang pas untuk penamaan aplikasi. Akhirnya mereka menemukan nama “maimo” yang berasal dari bahasa Buton yang artinya “ayo mari”. Maimo dianggap sebuah kata yang sifatnya lokalitas Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA :  Festival Liangkobori Akan Kembali Digelar, Ada Berbagai Lomba dan Pertunjukan

Pada saat yang bersamaan, Andi Syahrir ditugaskan oleh Kepala Dispar untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administratif . Selama menjalani proses pembelajaran itu, Andi Syahrir mengkongkritkan gagasan tentang aplikasi Maimo.

Setelah gagasan tentang Maimo sudah siap, Kepala Dispar Sultra memberikan restu agar pembuatan aplikasi tersebut dianggarkan lewat APBD 2023. Selain itu didukung juga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra.

Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini