Disperindag Sultra Gelar Seleksi Pengembangan Desain Kemasan 2021

Disperindag Sultra Gelar Seleksi Pengembangan Desain Kemasan 2021
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar Seleksi Pengembangan Desain Kemasan 2021 di Kendari pada Selasa (21/9/2021).(ISMU/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM KENDARI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Seleksi Pengembangan Desain Kemasan 2021 di Kendari pada Selasa (21/9/2021).

Kepala Disperindag Sultra Sitti Saleha mengatakan bahwa kemasan sangat penting bagi suatu produk, karena didesain untuk menyimpan dan melindungi produk dari kerusakan. Kata dia, kemasan diwujudkan dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, sesuai dengan produk yang bakal dipasarkan.

“Kemasan yang dirancang dengan desain yang bagus dan terkonsep dengan matang akan menimbulkan persepsi dalam benak konsumen,” ucapnya.

BACA JUGA :  Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Roraya Konsel Ditemukan Meninggal

Menurutnya, kemasan lebih dari sekadar alat pembungkus atau penyimpan produk semata, packaging berfungsi pula sebagai media pemasaran dan branding yang
sengaja dirancang untuk membangun brand image dalam benak konsumen.

Perusahaan-perusahan besar umumnya memiliki tim khusus yang melibatkan desainer produk maupun desainer grafis profesional untuk merancang kemasan produk. Dalam merancang desain kemasan yang efektif memerlukan pengetahuan yang luas mulai dari desain produk hingga strategi pemasaran.

BACA JUGA :  Gubernur "Semprot" SKPD Pasca Peringatan Nuzul Qur'an

Pelaku usaha, IKM dan UMKM dapat memaksimalkan kemasan produknya untuk meningkatkan daya saing produk. Sitti berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas maupun daya saing produk salah satunya dengan pengembangan desain dan kemasan produk bagi pelaku usaha di daerah. Selain itu juga dapat memaksimalkan kegiatan ekspor pada sektor produk IKM dan UMKM untuk lebih berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan maupun perekonomian daerah. (C)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini