Distan Mubar Salurkan 25 Ribu Ton Benih Kedelai untuk Petani

Distan Mubar Salurkan 25 Ribu Ton Benih Kedelai untuk Petani
Nestor Jono

ZONASULTRA.ID, LAWORO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan 25 ribu ton benih kedelai varietas anjasmoro untuk para petani yang ada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mubar Nestor Jono mengatakan, bantuan benih kedelai sebanyak 25 ribu ton ini telah disalurkan kepada para petani yang tersebar di 10 kecamatan.

“Bantuan benih kedelai sebanyak 25 ribu ton ini kita sudah salurkan kepada petani. Bantuan ini kita dapatkan dari Kementerian Pertanian,” kata Nestor Jono ditemui di kantornya, Selasa (4/7/2023).

BACA JUGA :  Benteng Tiworo dan Benteng Lasiapamu Direkomendasikan Jadi Cagar Budaya

Bantuan benih kedelai ini, kata Nestor, untuk lahan seluas 500 hektare dengan masing-masing kecamatan bervariasi. Misalkan, Kecamatan Kusambi terdiri dari 30 hektare, kemudian 30 hektare di Kecamatan Napano Kusambi, dan seterusnya.

Kata Nestor, para petani bukan hanya menerima benih kedelai saja, tetapi juga diberikan pupuk, pestisida dan lainnya. Untuk itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi kedelai dalam negeri.

BACA JUGA :  Jadi Duta Stunting, Kemenag Mubar Dapat Bantuan 15 Unit Randis

“Kita berharap bantuan benih kedelai ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan menghasilkan kedelai unggul sehingga petani kita bisa mencapai kemandirian. Artinya, dengan adanya bantuan dari pemerintah, petani bisa berdaya dan sejahtera,” ungkapnya.

Ia menegaskan pihaknya juga akan terus melakukan pendampingan kepada para petani. (B)

Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini