Dorong Kualitas Belanja Desa, Kemendagri Latih 144 Desa di Sultra

26
Dorong Kualitas Belanja Desa, Kemendagri Latih 144 Desa di Sultra
Seremoni pembukaan pelatihan P3PD tahap ke-4 yang dilaksanakan di salah satu hotel Kendari pada Sabtu (7/10/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Tahap ke-4 pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Sulawesi Tenggara (Sultra) diikuti oleh 144 desa. Kegiatan itu digelar di beberapa hotel Kendari pada 6 hingga 9 Oktober 2023.

Kasubag pada Direktorat Fasilitasi Kerja Sama LPD dan BPD Kemendagri, Bowo mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sultra tersebut digelar dengan 2 tematik pelatihan.

“Dua tematik pelatihan yaitu Batas Desa sebanyak 12 kelas (96 desa) dan Penguatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebanyak 48 desa,” ungkapnya usai pembukaan secara resmi di salah satu hotel Kendari pada Sabtu (7/10/2023).

Kata Bowo, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa, agar belanja desa menjadi berkualitas. Kegiatan itu diikuti oleh para kepala desa dan aparaturnya seperti sekdes, BPD, posyandu, dan PKK dengan harapan agar memiliki kemampuan, integritas, serta keterampilan untuk membangun desanya menuju desa yang maju dan mandiri.

Dorong Kualitas Belanja Desa, Kemendagri Latih 144 Desa di Sultra
Foto bersama peserta pelatihan.

Sementara itu, Kabid Pemdes DPMD Sultra, La Ode Muh. Saban mengatakan bahwa dari total 1.908 desa di Sultra, yang menjadi garapan program P3PD baru sekitar 1.576 desa. Yang belum tersentuh yaitu di Wakatobi 75 desa, Busel 65 desa dan 297 desa lain yang tersebar di 13 kabupaten di Sultra.

Selain desa dari 2 kabupaten itu, masih ada sekitar 432 desa di Sultra yang tidak tersentuh program P3PD. Kata Saban, Busel akan dihendel untuk pelatihan serupa dengan modul yang sama dengan P3PD pada 2023 ini.

“Untuk Wakatobi sementara kami diskusikan di tingkat Pemprov melalui TAPD, insyaallah akan kita hendel di 2024,” tambahnya.

Pada pelatihan tersebut, narasumbernya berasal dari instansi TNI-Polri, kesbangpol, dan perbankan, serta para pelatih yang sudah dilatih oleh Kemendagri. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini