Dorong Peningkatan Kualitas Event Pariwisata, Dispar Sultra Launching KEN 2024

139
Dorong Peningkatan Kualitas Event Pariwisata, Dispar Sultra Launching KEN 2024
Kepala Dispar Sultra, Belli saat launching Karisma Event Nusantara (KEN) pada Jumat (8/3/2024) malam di Lippo Plaza Kendari. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) me-launching Karisma Event Nusantara (KEN) pada Jumat (8/3/2024) malam di Lippo Plaza Kendari. Hal ini selain untuk mensosialisasikan event kepariwisataan juga untuk mendorong peningkatan kualitas event pariwisata.

Melalui launching tersebut, Dispar mengumumkan ada 57 event yang akan diselenggarakan tahun 2024 ini. Kendari demikian, hanya satu event yang masuk dalam kalender KEN. Jumlah ini berkurang, padahal misal di tahun 2022 ada 3 event yang masuk kalender KEN yakni Wakatobi Wave, Festival Tangkeno, dan Festival Kaghati Kolope.

BACA JUGA :  Daftar Figur yang Berpotensi Maju Pilgub Sultra 2024

Kepala Dispar Sultra, Belli menjelaskan setelah dievaluasi penyebab kurang yang masuk KEN karena event-event yang ada di Sumatra dan Jawa secara kualitasnya lebih bagus. Untuk di Sultra secara konten sebenarnya bagus yakni berupa festival budaya, tapi pelaksanannya kurang maksimal.

Oleh karena itu, pada saat launching KEN 2024 ini, Dispar Sultra mengundang Ketua Tim Kerja Event Daerah Kementerian Pariwisata, Vicky Apriansyah untuk memberikan penjelasan tentang event yang bagus seperti apa, cara promosi, dan lain sebagainya.

Selain itu ada alasan tertentu yang membuat event di Sultra tak lagi masuk KEN. Misalnya Festival Tangkeno yang pernah masuk KEN 2022 tapi sekarang tak masuk lagi karena kurang aksesibilitas untuk masuk ke lokasi wisata, dan sarana prasarana yang masih kurang.

BACA JUGA :  Kapolda Sultra Ingatkan Jajaran untuk Profesional dan Netral di Pemilu

“Kita sampaikan pada teman-teman di Bombana, kalau event Tangkeno mau masuk lagi Top 100 KEN maka betul-betul kualitasnya harus diperhatikan,” kata Belli.

Mengingat persaingan untuk masuk KEN sangat ketat, maka kata Belli, tantangannya adalah bagaimana meningkatkan kualitas event yang ada di Sultra.

Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini