ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus konsisten untuk fokus kepada pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui relationship manager segmen mikro BRI lakukan pembiayaan hingga pemberdayaan kepada para pelaku UMKM.
BRI menghadirkan beberapa klaster usaha binaan pada Jumat (10/9/2021) di area taman Kantor Pusat BRI dengan tema campaign “Brilian Sahabat UMKM”. Berbagai produk unggulan dapat ditemukan, mulai dari mangga istana Pemalang, strawberry ciwidey, keripik tempe kramat pela, kue kembang goyang Lenteng Agung, telur asin Serang, sayuran baby buncis Lembang, lemon Lembang, hingga brokoli, paprika dan aneka hortikultura Lembang.
Baca Juga :
Mitigasi Risiko Pandemi Covid-19, Ini Jurus BRI
“ Kami melakukan community approach dengan memberikan pembinaan literasi bisnis dan digital sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha mikro melalui para Mantri dengan memperhatikan berbagai aspek mulai dari kualitas SDM, teknologi, potensi pasar, networking, inklusi hingga pelatihan,” jelas Direktur Bisnis Mikro BRI Supari.
Kegiatan yang melibatkan klaster usaha UMKM ini dihadirkan untuk mendorong penjualan produk unggulan mereka. BRI sebagai bank yang berfokus di segmen UMKM, melakukan pemberdayaan kluster usaha untuk dapat meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan usahanya.
Hingga saat ini, total jumlah yang sudah menerima literasi bisnis berbasis digital mencapai lebih dari 2.800 klaster binaan. Angka ini akan terus bertambah sebagai bentuk komitmen BRI sebagai bank UMKM terbesar di Indonesia. BRI menargetkan porsi kredit UMKM tembus 85 persen di tahun 2025.
Dalam kegiatan ini, BRI juga memberlakukan mekanisme pembayaran cashless transaction selama proses jual beli produk. Berbagai sistem bayar yang dapat digunakan diantaranya adalah QRIS dan BRImo. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19. (*)