Dosen dan Mahasiswa Farmasi UMW Kendari Latih Warga Desa Puasana Soal Swamedikasi

144
Dosen dan Mahasiswa Farmasi UMW Kendari Latih Warga Desa Puasana Soal Swamedikasi
Program Studi Farmasi S1, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Puasana, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pada Sabtu (10/6/2023). (Istimewa)

ZONASULTRA.ID,KENDARI – Program Studi Farmasi S1, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Puasana, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pada Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan penagbdian pada masyarakat ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi Farmasi S1 UMW Kendari, Wa Ode Yuliastri. Kemudian dihadiri langsung oleh Kepala Desa Puasana, Sarwin dan 40 warga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Ketua Panitia, Musifaya mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar UMW Kendari dapat memberikan kontribusi yang nyata guna dalam meningkatkan kemajuan di masyarakat desa Puasana.

“Kami membagi 5 tim, dalam memberikan edukasi seperti soal dagusibu, cerdas menggunakan obat, pelatihan dan penyerahan bibit tanaman lokal, pembuatan produk herbal, dan pelatihan pengolahan bahan baku,” katanya melalui via whattsap.

BACA JUGA :  Tim PKM UMW Kendari, Berhasil Lolos Pendanaan Terbanyak Se-Sulawesi Tenggara 2024

Ia mengukapkan sekaligus memberikan pemahaman pada masyarakat mengenai Swamedikasi. Swamedikasi sendiri merupakan perilaku manusia dalam menggunakan bahan atau senyawa eksogen untuk mengelola pengobatan sendiri saat menangani penyakit fisik atau jiwa.

Dosen dan Mahasiswa Farmasi UMW Kendari Latih Warga Desa Puasana Soal Swamedikasi

Serta menentukan penggunaan obat yang benar dan rasional serta pemberdayaan masyarakat dengan keterampilan berbasis lingkungan di wilayah pesisir untuk kesehatan.

“Tidak sedikit masyarakat dalam menyambut kegiatan ini, tapi beberapa warga sangat antusias dalam pembuatan sabun sehingga mereka turun lansung dalam pembuatannya,” katanya.

Ketua Prodi Farmasi S1 UMW Kendari, Wa Ode Yuliastri menambahkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat menjadi bagian tridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan bagi semua dosen di UMW Kendari.

BACA JUGA :  Mahasiswa KKN Tematik UMW Fokuskan Wilayah Pesisir dan Pertambangan

Kegiatan pengabdian pada masyarakat tahun 2023 merupakan kegiatan tahunan yang bersumber dari dana yayasan UMW Kendari.

“Jadi kami rutin melaksanakan kegiatan ini tiap tahun dan sudah ada kerja sama MoU dengan desa Puasana,” tambahnya

Selain itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Prodi Farmasi S1 UMW Kendari turun membantu dalam pemeriksaan kesehatan seperti asam urat, tekanan darah, kolestrol, dan gula darah.

“Sengaja kami libatkan mahasiswa agar mereka bisa berkalaborasi dan mengimplementasikan apa yang di dapat bangku perkuliahan. Sebanyak 25 dosen turun melaksanakan kegiatan tersebut dan 20 mahasiswa HMPS prodi Farmasi S1,” ujarnya. (B)

Kontributor: Sutarman dan C2
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini