DPRD Kendari Tinjau Kesiapan Rumah Potong Hewan Jelang Iduladha

55
DPRD Kendari Tinjau Kesiapan Rumah Potong Hewan Jelang Iduladha
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari melalui Komisi II memastikan kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Kendari jelang perayaan iduladha 2023 melalui kunjungan yang dilakukan pada Selasa (27/6/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari melalui Komisi II meninjau kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Kendari jelang perayaan Iduladha 2023 pada Selasa (27/6/2023).

Anggota Komisi II Andi Sulolipu mengatakan bahwa berdasarkan hasil kunjungan tersebut, kesiapan RPH Kendari cukup bagus. Namun, ada beberapa fasilitas yang perlu dibenahi sehingga PAD yang dihasilkan ke depan bisa lebih besar lagi.

“Nanti kita diskusikan apa-apa saja yang perlu dibenahi karena yang tahu Dinas Pertanian. Kita hanya memberikan masukan supaya higienis, sistem sirkulasi udara bagus dan sebagainya,” ungkapnya.

Kata dia, untuk menjaga mutu hewan yang disembelih di RPH Kendari, harus diperhatikan pakannya. Selain itu, dokternya juga harus stand by di tempat sehingga masalah kesehatan sapi bisa terjaga, jangan sampai terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto mengatakan bahwa untuk mencegah penyakit tersebut, pihaknya telah membuat tim gabungan untuk mengawasi lalu lintas ternak yang masuk di Kota Kendari.

“Kami pastikan, setiap ternak yang masuk di Kota Kendari harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Itu yang paling penting,” ungkap Sahuriyanto.

Kata dia, saat ini ada 70 ekor sapi yang telah tersedia di RPH Kendari. Namun, rata-rata tiap tahun RPH Kendari memotong 2 ribu ekor sapi untuk kurban.

Di tahun 2022, Dinas Peternakan Kendari mencatat sebanyak 2.111 ekor hewan yang dipotong untuk wilayah kota Kendari secara keseluruhan. Ia optimis tahun ini bisa lebih meningkat lagi.

Pada kesempatan yang sama, kepala UPTD RPH Kendari, Sudirman mengatakan bahwa dokter hewan selalu stand by 1×24 jam di lokasi. Pihaknya juga telah membuat baliho untuk mengimbau masyarakat yang mau menggunakan fasilitas RPH.

“Retribusi kan ada. Yang ada perdanya. Kalau warga kasih masuk satu kurbannya tidak ada imamnya itu kita siapkan,” ungkapnya.

Selain imam, pihak RPH juga menyiapkan pekerjanya mulai dari mengikat hingga jadi daging. Adapun petugas yang disiapkan di RPH Kendari sebanyak 15 orang yang telah siaga hingga selesai perayaan Iduladha 2023. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini