Endang Dorong Pemilu Berkualitas Lewat Bedah Gagasan

14
Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Muh. Endang
Muh. Endang

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Muh. Endang ingin mewujudkan pemilihan umum (Pemilu) menjadi pertandingan berdasar melalui bedah gagasan seperti yang dilakukannya di salah satu warkop di Kota Kendari pada Jumat malam (12/1/2024).

Ia mengatakan, publik tentunya menginginkan hal seperti itu untuk mengetahui kapasitas dan apa yang akan dilakukan para caleg sehingga bisa dinilai layak untuk dipilih. Ia harap, semakin banyak yang melakukan bedah gagasan, baik dari caleg maupun lembaga publik yang lain seperti kampus.

Ia menyayangkan belum adanya inisiatif yang mendorong tentang itu. Padahal kata dia, regulasi sudah memungkinkan dan caleg bisa masuk kampus. Penyelenggaraan kegiatan serupa dikatakannya juga bisa dilakukan oleh penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU.

“Jadi bedah gagasan seperti ini harus kita dorong karena kita ingin wujudkan pemilu sebagai wahana pertandingan berdasar, bukan pertandingan siapa paling banyak amplopnya. Kita dorong ke sana,” ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut, masyarakat bisa mengetahui calon yang memiliki gagasan, platform, perjuangan parlementer dan record yang baik. Sehingga apa yang akan diperjuangkan oleh caleg tersebut lebih jelas.

Dalam bedah gagasan yang turut dihadiri kaum milenial dan mahasiswa tersebut, Endang menyampaikan gagasan tentang pemekaran wilayah, penegakan hukum dan HAM, tambang, tanah yang diambil alih oleh tambang, RTRW dan lainnya.

“ Masyarakat ingin dengar itu, makanya kita dorong seperti ini. Tapi kemudian disuruh memilih saja, itu mobilisasi namanya. Saya tidak ingin dipilih karena mobilisasi, saya ingin dipilih karena partisipasi betul-betul murni lahir dari hati dan pikiran rakyat,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswi hukum Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Susi Sasmira Sari mengatakan bahwa kegiatan tersebut memang merupakan satu poin yang harus dilakukan caleg. Pasalnya, kaum milenial harus mengetahui gagasan para caleg untuk mengawal sejauh mana gagasan itu direalisasikan nantinya.

“Ini saya rasa kegiatan yang sangat efektif dan luar biasa yang diberikan pada teman-teman kaum milenial dan pemuda untuk meluangkan aspirasinya atau tanggapannya terkait caleg itu,” tuturnya. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini