Finalis Duta Maritim Asal Baubau Suarakan Pentingnya Pendidikan di Pesisir

64
Finalis Duta Maritim Asal Baubau Suarakan Pentingnya Pendidikan di Pesisir
Nabila Sidratil adalah, finalis Duta Maritim Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara yang telah mengambil inisiatif dalam kampanye "masalah pendidikan di wilayah pesisir".

ZONASULTRA.ID,KENDARI – Nabila Sidratil adalah finalis Duta maritim Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah mengambil inisiatif dalam kampanye “masalah pendidikan di wilayah pesisir” di kawasan ikonik Jakarta, yaitu sepanjang Jalan Monas hingga Sarinah.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya perempuan asal kota Baubau ini untuk membangkitkan kesadaran mengenai pentingnya pendidikan di wilayah pesisir. Sebab di Kota Baubau terdapat satu Desa yakni Boneatiro, Kecamatan Kapuntori, yang angka putus sekolahnya sangat tinggi. Kampanye itu dilakukannya pada 13 Agustus 2023 lalu.

Nabila Sidratil yang saat ini sedang menempuh pendidikan Jurusan Budi Daya Perairan di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, mengikuti Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) menjadi pengalaman berharga baginya.

Dengan latar belakang sebagai pemuda yang peduli terhadap lingkungan, Nabila Sidratil menyadari bahwa ia ingin menjadi bagian yang ikut serta berperan aktif untuk mensejahterakan daerah pesisir khususnya di Kota Baubau.

Ia mengajak masyarakat bahwa berpendidikan itu penting. Menurutnya yang menjadi kekurangan daerah pesisir di Kota Baubau yakni terkait pola pikir yang kurang bagus karena pendapatan para nelayan kadang hanya digunakan ke hal-hal negatif.

“Sebagai Duta Maritim saya ingin bagaimana bisa mendorong hal tersebut karena nelayan sangat memerlukan edukasi. Bagaimana kita bisa mengembangkan kualitas daerah pesisir kalau bukan pola pikir, yang mana itu didapat melalui pendidikan,” katanya melalui telpon, Selasa (22/8/2023).

Ia berharap inisiatif ini menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk berkontribusi dalam menjaga keindahan dan keberlanjutan alam laut Indonesia. Untuk itu, ia berpesan kepada generasi muda yang ada di Kota Baubau untuk tetap menjaga laut, tetap peduli akan ekosistem laut dan tidak membuang sampah sembarangan.

Nabila Sidratil merupakan finalis yang ikut Sekolah Duta Maritim Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perkumpulan/Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) selama 7 hari (11-17 Agustus 2023) di Jakarta Pusat.

Pembukaan Sekolah Duta Maritim Indonesia Angkatan 3 bersamaan dengan Perayaan HUT ASPEKSINDO yang ke-6 di Gedung Nusantara V MPR/DPR RI pada 11 Agustus 2023 lalu. (B)

 


Kontributor: C2
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini