ZONASULTRA.COM, KENDARI– Telkomsel Branch Kendari mengajak seluruh pelanggan di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengganti kartu ke uSIM 4G karena secara bertahap dan terukur pada 2022 Telkomsel melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah.
Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum.
Manager Telkomsel Branch Kendari Mahmud Hilaluddin mengatakan, seiring dengan dilakukannya upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE, pihaknya secara masif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh pelanggan di wilayah Telkomsel Branch Kendari untuk beralih ke uSIM 4G tanpa berganti nomor.
Pada bulan kuartal-I ini, ajakan upgrade dilakukan di beberapa wilayah Kabupaten Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna Barat, Bombana dan Buton Tengah.
“Upaya ini merupakan sebagai komitmen Telkomsel dalam peningkatan kualitas dan pemerataan akses jaringan broadband terdepan di seluruh wilayah Indonesia,” kata Mahmud Hilaluddin melalui rilis pers, pada Rabu (9/3/2022)
Mahmud sebut pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik secara online maupun offline yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
Pada channel online, dikhususkan untuk pelanggan PraBayar (simPATI, kartuAS, Loop) dengan mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter serta layanan Virtual Assistant Telkomsel untuk mendapatkan pelayanan upgrade ke uSIM 4G, atau melalui layanan mitra e-commerce (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID).
Pelanggan juga dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat, outlet sekitar hingga Tim Direct Sales untuk melakukan upgrade ke uSIM 4G secara offline baik untuk pelanggan PraBayar dan pascabayar (kartuHALO) dengan membawa KTP sesuai data yang teregistrasi.
“Selain penukaran di outlet dan Tim Direct Sales, kami juga membuka posko upgrade kartu uSIM 4G di beberapa titik yang merupakan Pont of Interest (POI) untuk lebih mudah dijangkau oleh pelanggan. Khusus untuk pelanggan yang nomornya terdaftar pada jasa perbankan (M-Banking), upgrade kartu uSIM 4G hanya dapat dilakukan di GraPARI dan MyGraPARI,” tambah Hilal.
Sebagai apresiasi pelanggan yang telah melakukan penggantian kartu dari SIM non 4G, Telkomsel menawarkan tambahan kuota 4G 30GB untuk kartu yang masa aktifnya lebih dari 6 bulan serta penggunaan lebih dari Rp100.000. Sedangkan bagi pelanggan dengan kartu yang masa aktifnya lebih dari 3 bulan dan penggunaan lebih dari Rp100.000 mendapat tambahan kuota 4G 15GB. Pelanggan akan dikenakan biaya Rp10 pada saat proses migrasi kartu berhasil untuk mendapatkan tambahan kuota 4G tersebut.
Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#. Informasi lebih lanjut mengenai program Tukar Kartu ke 4G bisa diakses di tsel.me/tukarkartu4g.
“Dengan konektivitas digital berteknologi terkini tersebut, harapan kami manfaatnya dapat dirasakan oleh pelanggan dalam mendukung gaya hidup digital, membantu proses bekerja dan belajar jarak jauh, mendukung aktivitas keseharian, hingga membantu meningkatkan perekonomian dan pariwisata daerah,” ujarnya. (b)
Kontributor: Sutarman
Editor: Jumriati