Gantikan Almarhum Ayahnya, Pria 18 Tahun Ini Jadi Jemaah Haji Termuda Asal Kendari

2971
Gantikan Almarhum Ayahnya, Pria 18 Tahun Ini Jadi Jemaah Haji Termuda Asal Kendari
Haidil Saputra bersama sang ibu, Irma saat pelepasan jemaah haji oleh Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu di salah satu hotel Kendari pada Senin (29/5/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal ini Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu resmi melepas secara simbolis para calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci di salah satu hotel Kendari pada Senin (29/5/2023).

Setidaknya, ada 574 jemaah asal Kendari yang akan berangkat ke tanah suci dan dibagi dalam dua kloter. Kota Kendari mendapat kloter 24 sebanyak 385 orang yang seluruhnya merupakan calon jemaah asal Kendari dan kloter 25 sebanyak 189 orang tergabung dari Konawe 134 orang, Konawe Utara (Konut) 34 orang, Muna Barat (Mubar) 17 orang, Konawe Kepulauan (Konkep) 1 orang, dan Buton Utara (Butur) 9 orang.

Di antara jemaah tersebut, Haidil Saputra menjadi yang termuda asal Kendari dengan usia 18 tahun. Pria kelahiran Kendari, 5 Maret 2005 itu menggantikan sang ayah, Kama Tahir yang telah tutup usia pada Januari 2023 lalu.

“Pelimpahan dari bapak. Diganti karena meninggal bulan satu kemarin,” ucap Haidil.

Ia mengatakan bahwa ayahnya (Alm. Kama Tahir) telah berstatus lunas tunda sebagai calon jemaah haji sejak 2020. Haidil merupakan anak kedua dari empat bersaudara.

Harusnya pelimpahan untuk menggantikan ayahnya tersebut diberikan kepada kakaknya, Muhammad Haikal. Namun, karena kakaknya belum bersedia sehingga kepercayaan itu dilimpahkan kepada dirinya.

Ia telah melakukan persiapan kelengkapan sebelum keberangkatan di Tanah Suci termasuk ilmu yang diperoleh dari manasik. Ia berangkat haji bersama sang ibu, Irma.

“Alhamdulillah, saya bersyukur. Meskipun tidak bersama suami, saya bisa berangkat bersama anak. Dia anak yang baik dan menjaga selalu sopan santunnya baik di rumah, lingkungannya maupun di luar,” ucap Irma.

Haidil dan keluarga saat ini berdomisili di Dapu-Dapura, Kendari Barat. Saat ini ia bekerja sebagai karyawan di salah satu mall di Kota Kendari.

Tidak seperti anak pada umumnya, Haidil mengenyam pendidikan terakhir pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ia lulusan MTSN 02 Kendari Barat dan tamatan dari SDN 01 Kendari Barat.

Ayahnya, Alm. Kama berasal dari Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan ibundanya berasal dari Kendari. Keduanya bekerja sebagai wiraswasta.

Untuk diketahui, Haidil bersama jemaah haji Kota Kendari lainnya di Kloter 24 dan 25 akan berangkat ke Embarkasi Makassar tanggal 7 dan 8 Juni 2023. Setelahnya, para jemaah akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 10 Juni 2023. (A)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini