Gerak Jalan HUT RI Untungkan Pedagang di Kendari

68
Gerak Jalan HUT RI Untungkan Pedagang di Kendari
Suasana pelaksanaan gerak jalan tingkat SD dan SMP di Kota Kendari dalam menyambut HUT RI ke-78.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pelaksanaan gerak jalan tingkat SD dan SMP di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI pada Senin (14/8/2023) menguntungkan para pedagang.

Berbagai dagangan yang dijajakan ludes diserbu penonton gerak jalan dari berbagai kalangan. Dagangan yang harusnya dijual keliling dalam satu hari hanya bertahan beberapa jam saja.

Salah satu penjual es cendol, Asdar, mengatakan, dagangannya sudah laku sekitar Rp500 ribu hanya dalam waktu satu setengah jam saja. Kata dia, momen seperti itu membangkitkan semangat UMKM di Kendari untuk berjualan.

BACA JUGA :  Per 9 Januari 2024, Dinkes Catat 63 Kasus DBD Terjadi di Kendari

“Tadi saya dari jam 11 siang, ini sudah mau habis,” ungkapnya.

Ia mengaku, selama setahun berjualan hanya berkeliling dengan pendapatan paling banyak sekitar Rp400 ribu per hari. Pada pelaksanaan gerak jalan tersebut ia meraup keuntungan hingga Rp400 ribu dari modal yang hanya berkisar Rp200 ribu.

Pedagang lainnya, Edi mengatakan bahwa ia stand by di lokasi gerak jalan dari pukul 08.00 Wita dengan menjajakan siomai dan es teh. Ia mempersiapkan dagangan pada kegiatan tersebut dengan kisaran nilai Rp1 juta.

BACA JUGA :  Warga Antusias Sambut Nur Alam dari Bandara sampai di Rumahnya

“Alhamdulillah laris. Sekarang saja sudah Rp800 ribu lakunya,” ucap Edi.

Ia memperhitungkan keuntungan sebesar 20 persen dari modal sekitar Rp600 ribu. Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kendari yang turun menonton gerak jalan dan membeli dagangannya.

Di hari biasa, ia hanya bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp500 ribu hingga Rp600 ribu dengan berdagang keliling selama seharian full. Ia harap penghasilan di hari pelaksanaan gerak jalan tersebut terus meningkat. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini