Hari Santri 2023, Ini Rangkaian Kegiatan yang Disiapkan Kemenag Sultra

52
Hari Santri 2023, Ini Rangkaian Kegiatan yang Disiapkan Kemenag Sultra
Kakanwil Kemenag Sultra, Muhamad Saleh (kiri) didampingi Kabid Pakis Kemenag Sultra, Muhammad Basri (Kanan).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenag Sultra) menyiapkan beberapa rangkaian kegiatan yang bakal dimeriahkan oleh ribuan santri.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Muhamad Saleh mengatakan bahwa rangkaian HSN 2023 yang mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” telah dilaksanakan Kemenag Sultra sejak 17 Oktober lalu seperti pidato hingga zikir bersama.

Sementara itu, untuk rangkaian kirab kebangsaan akan diagendakan pada Sabtu (21/10/2023) dengan melibatkan sekitar 10 ribu orang dari berbagai kalangan. Kirab tersebut akan start di Masjid Al Kautsar Kendari dan finis di kantor Kemenag Sultra yang dilanjutkan dengan orasi kebangsaan.

BACA JUGA :  Prodi Kesmas UMW Kendari, Terima 7 Mahasiswa Baru Pasca Sarjana (s2)

“Kirab itu akan dihadiri seluruh siswa madrasah di Kota Kendari, santri Ponpes, Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi dan Kendari, ormas keagamaan, penyuluh hingga penghulu se-Kota Kendari,” ungkapnya dalam konferensi pers yang dilakukan pada Jumat (20/10/2023).

Setelahnya, pada malam hari akan ada pembacaan satu miliar selawat nariyah yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Khusus di Kota Kendari, Kemenag Sultra memfokuskan kegiatan di Ponpes Al Mannan Kendari dengan jumlah peserta sekira 1.200 orang.

Sementara itu, untuk 17 kabupaten kota lainnya akan turut melaksanakan satu miliar selawat nariah di wilayahnya masing-masing di bawah koordinator Kemenag kabupaten kota.

BACA JUGA :  UMW Kendari Raih Penghargaan Juara 1 dari BPJS Ketenagakerjaan

Upacara hari puncak HSN 2023 di Kendari pada 22 Oktober akan digelar di Ponpes Al Mannan Kendari. Lanjutan rangkaian HSN tersebut berupa expo kemandirian pesantren dan kemah santri yang akan berlangsung di Kampus 3 IAIN Kendari, di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada 22 hingga 26 Oktober 2023.

Saleh berharap melalui HSN tersebut dapat membangkitkan semangat para santri khususnya yang ada di Sultra untuk meningkatkan kompetensi, kualitas SDM untuk pelaksanaan pembangunan di segala bidang. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini