[Hoaks] Perekrutan 100 Guru PPPK Sarjana Penjas untuk SD Kota Kendari

[Hoaks] Perekrutan 100 Guru PPPK Sarjana Penjas untuk SD Kota Kendari
Screenshot informasi yang beredar dalam grup WhatsApp pada 23 Januari 2024 tentang perekrutan guru penjas PPPK dengan jumlah kuota 100 orang untuk SD Kota Kendari.

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Telah beredar di grup WhatsApp (WA) narasi yang menyatakan bahwa Pemerintah Kota Kendari sedang melakukan perekrutan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Guru yang dibutuhkan adalah Sarjana Pendidikan Jasmani (Penjas) dengan jumlah kuota 100 orang tapi yang mendaftar baru 29 orang.

Berdasarkan penelusuran redaksi Zonasultra.id, informasi yang beredar pada 23 Januari 2024 itu tidaklah benar atau hoaks. Tidak ada fakta yang mendukung kebenaran informasi tersebut.

Berikut ini unggahan yang beredar dalam grup WhatsApp:

“Assalamualaikum, ada keluarga yang sarjana penjas? Kebetulan dibutuhkan untuk guru PPPK di SD Kota Kendari, kuota 100 tapi yang mendaftar baru 29 orang” isi pesan tersebut dengan keterangan sudah diteruskan berkali-kali.

*Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, tidak ada informasi tentang perekrutan guru Penjas PPPK tahun 2024 di laman website resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yakni kendarikota.go.id, laman Facebook Kendarikota, maupun laman Facebook Bkpsdm Kendari. Ketiga laman tersebut berisi informasi seputar Pemkot Kendari.

BACA JUGA :  Cek Fakta: Tidak Terbukti Foto Prabowo Terbaring Sakit

Redaksi Zonasultra.id juga melakukan konfirmasi langsung di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari. Intansi ini memastikan bahwa informasi tentang perekrutan guru Penjas PPPK tersebut adalah hoaks.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Kendari, La Ode Maarfin Nurjan mengatakan informasi tentang perekrutan 100 guru penjas PPPK untuk lingkup SD tersebut bukan informasi dari Pemkot Kendari dalam hal ini BKPSDM Kendari.

La Ode Maarfin Nurjan
La Ode Maarfin Nurjan

“Kami juga BKPSDM sendiri tidak tahu menahu dari mana sumber informasinya, kenapa sampai beredar di grup-grup WA,” ujar La Ode Maarfin di ruangannya pada Jumat (26/1/2024).

Terkait kebutuhan PPPK 2024, BKPSDM Kendari masih menunggu surat edaran dari Pemerintah Pusat. Sementara tahapan perekrutan PPPK tahun 2023 sampai dengan akhir Februari 2024 ini belum final perekrutannya.

Pada tahun 2023 yang lalu, BKPSDM Kendari melakukan seleksi PPPK mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi, dan terakhir pengumuman pada 2 Desember 2023. Kemudian pada Februari 2024 ini calon PPPK yang telah ikut seleksi tersebut memasuki tahapan pemberkasan usulan nomor induk (NI).

BACA JUGA :  [SALAH] Ijazah Calon Wakil Presiden Cuma Setara SMK

La Ode Maarfin menjelaskan untuk mendapatkan informasi resmi dari BKPSDM Kendari bisa melalui website resmi pemkot Kendari (kendarikota.go.id). Apapun jenis informasi resmi, menurut dia, selalu melalui website ini.

“Imbauan kepada masyarakat jangan mudah terpengaruh informasi yang beredar. Untuk memastikan silakan datang di BKPSDM Kota Kendari atau cek di FB-nya BKPSDM. Jadi semua informasi terkait dengan PPPK, ataupun CPNS selalunya di situ diinformasikan,” ujar La Ode Maarfin.

*Kesimpulan

Informasi yang beredar di grup WhatsApp bahwa Pemkot Kendari sedang melakukan perekrutan guru penjas PPPK dengan jumlah kuota 100 orang tapi yang mendaftar baru 29 orang adallah tidak benar atau hoaks.

 


Reporter: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini