IAIN Kendari Dinilai Layak Jadi Universitas Islam Negeri

667
IAIN Kendari Dinilai Layak Jadi Universitas Islam Negeri

ZONASULTRA.COM,KENDARIInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dinilai telah layak berubah status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Hal tersebut diungkapkan Asesor Transformasi Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKAI) Ahmad Thio Raya, bahwa berdasarkan hasil visitasi yang dilakukan kata dia, secara umum kesiapan yang dimiliki IAIN Kendari telah memenuhi syarat menjadi UIN.

“Dari hasil visitasi tadi luar biasa kesiapan dan sarana prasarana yang dimiliki IAIN Kendari. Dan saya pikir wajar kalau IAIN Kendari menjadi UIN Kendari,” ungkap Ahmad usai melakukan kunjungan ke sejumlah gedung IAIN Kendari, Jumat (19/3/2021).

Hanya saja, ia menyebutkan masih ada beberapa bagian dari sekitar 20 persyaratan harus dilengkapi dan dipenuhi. Misalnya akreditasi jurusan A yang belum mencukupi, kurang satu. Kemudian Program Studi (Prodi) pascasarjana kurang satu.

Kemudian Rektor IAIN Kendari Faizah Binti Awad menyebutkan bahwa usulan akreditasi jurusan A sementara dalam tahap proses akreditasi dan pengusulan penambahan prodi pascasarjana juga sementara menunggu persetujuan dari PTKAI.

Apabila keduanya telah dipenuhi dalam waktu dekat maka proses perubahan status IAIN menjadi UIN dapat terselesaikan tahun ini.

IAIN Kendari Dinilai Layak Jadi Universitas Islam Negeri

Selanjutnya, Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdurrahman Shaleh yang turut hadir dalam acara visitasi ini menegaskan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung perubahan status tersebut. Sehingga apabila IAIN Kendari membutuhkan bantuan segera dikomunikasikan.

“Saya tahu dulu IAIN Kendari ini perubahan bagaimana dan kita menjadi bagian dari itu,” ujarnya.

Dengan perubahan status IAIN Kendari menjadi UIN Kendari nantinya dinilai akan menjadi kebanggaan umat islam secara khusus dan masyarakat Sultra pada umumnya.

 


Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini