Ini 3 Calon Wakil yang Cukup Ideal Dampingi AJP di Pilwali 2024

287
Anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) Aksan Jaya Putra
Aksan Jaya Putra

ZONASULTRA.ID, KENDARI– Bakal calon Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra (AJP) menjadi salah satu figur kuat yang akan bertarung pada Pemilihan Wali Kota Kendari (Pilwali) 2024.

Soal siapa wakil yang akan mendampingi AJP, Pengamat politik Ras Md mengatakan bahwa AJP tidak begitu sulit menentukan calon wakilnya ke depan.

Menurutnya, AJP cukup sukses membangun branding personal untuk tampil sebagai figur utama hingga saat ini.

“Dalam hitungan untuk konteks pilwalkot Kendari mendatang, AJP masuk dalam klaster premium,” katanya melalui rilis pers, pada Selasa (20/12/2022).

Selain itu, ia menjelaskan, ada tiga faktor besar yang menjadikan AJP masuk dalam klaster figur premium yakni dari sisi popularitas yang cukup berhasil mendongkrak tingkat pengenalannya selama ini melalui media, ruang publik hingga tampil di berbagai pemberitaan dan iklan.

Kemudian, AJP dinilai merakyat atau dekat dengan rakyat. Sehingga wajar jika penerimaan AJP di tingkat bawah cukup bagus.

Selanjutnya, faktor usia. Usianya masih tergolong muda, AJP dinilai sangat mewakili kelompok millenial dan juga generasi Z yang jumlah cukup besar dalam Pilkada 2024.

Ia menyebutkan ada beberapa figur yang di nilai cukup potensial menjadi calon wakil yaitu politisi dari partai NasDem, Sudarmanto. Sosok ini punya jejak elektoral yang cukup baik, sehingga bisa memberikan kekuatan tersendiri bagi AJP.

Kemudian, selain Sudarmanto, Anggota DPRD Sultra Fraksi PKS, Sudirman, juga dinilai potensial memberikan kekuatan elektoral AJP, terutama dari aspek kekuatan etnis.

Selanjutnya Andi Sololipu, anggota DPRD Kota Kendari dari fraksi PDI Perjuangan ini bisa tampil berpasangan dengan sosok AJP, walaupun Andi Sololipu sudah membangun komitmen bersama Razak, namun ke depan segalnya masih bisa berubah.

“Ketiga sosok itu, dari sisi perimbangan kultural, cukup ideal jika dipasangkan dengan AJP, artinya, ketiga figur di atas dalam hitungannya bisa menjadi pertimbangan AJP kedepan,” ungkapnya. (C)

Kontributor: Sutarman
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini